Rabu, 24 April 2024

LEBARAN, KBS SIAPKAN ANEKA DONGENG SATWA

Diunggah pada : 6 September 2010 12:55:32 8
thumb

Kebun Binatang Surabaya (KBS) masih menjadi salah satu tempat tujuan wisata favorit bagi masyarakat Jawa Timur. Untuk itulah pada masa liburan Lebaran 1431 H ini, pengelola KBS menyiapkan berbagai permainan, dongeng, badut, dan opera tentang kehidupan satwa.
Humas KBS, Agus Supangkat di kantornya Jl Stail Surabaya, Senin (6/9) mengatakan, pada liburan panjang Lebaran 1431 H yang diperkirakan mulai (9/9) 2010, KBS menyiapkan berbagai hiburan, antara lain dongeng, opera, dan badut tentang kehidupan satwa. KBS dalam libur Lebaran 2010 ini mengambil tema  ”Pendidikan konservasi” satwa di KBS.
Opera dan badut akan mengadakan pertunjukan dua kali sehari dengan sebuah cerita yang mengisahkan pendidikan tentang perjalanan kehidupan satwa-satwa yang ada di KBS. Pemeran dalam pertunjukan tersebut akan diaminkan oleh pegawai KBS.
Sedangkan dongeng akan menceriterakan kisah-kisah dunia binatang pada masa lalu seperti si kancil, orang hutan, beruang, singa, harimau dan burung serta ikan pada masa lalu hingga sekarang.
Selain pertunjukan tersebut, KBS masih menyediakan aneka macam tunggang satwa bagi pengunjung baik untuk anak-anak, remaja dan orang dewasa. Satwa yang dipersiapkan untuk ditunggangi semuanya sudah jinak dan terlatih sehingga tidak membayakan bagi pengunjung.
Dicontohkan bagi pengunjung yang ingin menunggang onta cukup membayar Rp 5.000/orang sudah keliling KBS. Bagi yang ingin naik gajah silahkan datang di arena tunggang gajah, setiap pengungung hanya dikenakan biaya  Rp 10.000/orang. Biasanya arena tunggang gajah paling disenangi oleh anak-anak dan remaja. Untuk kuda cukup mengeluarkan uang Rp 5.000/orang.
 Sedangkan untuk naik perahu tiap pengunjung dikenakan biaya Rp 5.000/orang dan sewa sepeda air Rp 15.000 untuk duang orang. Arena ini paling diminati oleh setiap keluarga yang datang berombongan.
Bagi yang senang berenang, KBS juga mempunyai kolam renang mini berdiameter sekitar 10 meter dengan ke dalam kurang lebih satu meter. Kolam renang mini ini  dilengkapi dengan ruang ganti pakaian, pemandu dan tim SAR. Jika pengunjung ingin sewa pakaian renang dan ban pengelola juga menyediakan.
Tiket masuk ke kolam renang cukup murah, hanya Rp 5.000/orang untuk satu kali renang sampai puas. Sedangkan jika para pengunjung kolam renang ingin menyewa pakaian renang dan ban hanya mengeluarkan uang Rp 5.000/buah.
Selain kolam renang KBS pada libur Lebaran menyiapkan tempat aneka bermain untuk anak-anak seperti naik robot, naik pesawat terbang dan aneka permainan lainnya. Untuk naik aneka permainan pengunjung bisa menukar uang dengan koin di tempat-tempat penukaran koin.
Tempat lain yang disukai anak-anak adalah children zoo. Children zoo ini merupakan suatu kawasan atau dunia anak dimana pengunjung anak-anak bisa langsung berkenalan dan berinteraksi/menyentuh memegang langsung berbagai  binatang yang telah disiapkan. Atraksi lainnya adalah memberi makan binatang atau atraksi feending time secara langsung kepada hewan gajah dan onta. Program feending time paling digemari anak-anak tingkat TK dan SD. Program ini mengajak anak-anak untuk selalu menyayangi binatang
Diperkirakan jumlah pengunjung KBS pada libur Lebaran tahun ini meningkat, dari rata-rata 1.500-2000 orang/hari, maka saat musim liburan diperkirakan menjadi 35.000-40.000 orang/hari. Lebaran tahun lalu selama 10 hari jumlah pengunjungnya mencapai 200 ribu orang.
Pada liburan tahun baru 2010 yang lalu pada hari pertama jumlah pengunjung sekitar 37.704 orang, pada hari kedua 14.168 orang dan pada hari ke tiga 25.994 orang. Sedangkan liburan pada 1 Januari 2009 KBS dikunjungi sekitar 50.000 orang. Menurut data dari KBS jumlah pengung di tempat wisata terbesar di Jatim setiap tahun terus meningkat. Pada 2007 jumlah pengunjung 1.193.964 orang pada 2008 meningkat menjadi 1.341.211 orang dan pada 2009 naik lagi menjadi 1.581.433 orang. Diharapkan pada 2010 jumlah mengunjung mencapai 1,7 juta orang.
Bagi para wisnu dan wisman yang masih pelajar atau mahasiswa jika ingin menambah pengetahuan bisa mengajak rombongannya ke perpustakaan KBS. Di tempat ini para pengunjung bisa membaca biografi tentang berbagai binatang dari berbagai belahan dunia.
    KBS saat ini telah memiliki koleksi 250 jenis species atau 4.000 ekor lebih satwa, seperti mamalia, karnifora, reptil, unggas, ikan dan berbagai jenis tumbuhan serta aneka ragam bunga. Kebun binatang ini harus dipertahankan keberadaannya karena selain sebagai tempat wisata, KBS juga berperan sebagai tempat pendidikan, penangkaran dan penelitian sebagai lembaga konservasi pelestarian satwa.
     Terkait harga tiket, menurut Agus yang dulunya memakai karcis mulai Juli lalu diganti dengan bentuk gelang. Tiap-tiap pengunjung membeli gelang dulu jika ingin masuk KBS dengan harga rata-rata Rp 15.000 per gelang untuk satu kali masuk. ”Untuk diingat bagi para pengunjung yang membawa anaknya sudah berumur tiga tahun ke atas harus dibelikan gelang sendiri,” ujarnya.(ryo)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait