Jumat, 19 April 2024

JATIM KEMBALI RAIH PENGHARGAAN GREEN AWARDS

Diunggah pada : 5 Agustus 2010 14:26:37 1
thumb

Pada Juni lalu Pemprov Jawa Timur memperoleh penghargaan Indonesia Green Region Award (IGRA) 2010 versi Majalah Swa dan kantor berita radio KBR68H. Berselang dua bulan, yakni pada Agustus ini, Jatim kembali meraih penghargaan serupa, yakni Indonesia Green Awards (IGA) versi Majalah Bisnis&CSR.
Sekretaris Badan Lingkungan Hidup Jatim saat dikonfirmasi, Kamis (5/8) menjelaskan, penyerahan penghargaan dilakukan  hari ini di gedung SMESCO UKM Jakarta. Dari Jatim akan diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jatim, Dr Rasiyo dan Kepala Biro Sumber Daya Alam Setda Prov Jatim, Ir Yogi Hengriyadi MT.
Ia menuturkan, penghargaan IGA yang diberikan pada Jatim ini adalah wujud atas perhatian dan komitmen tinggi dalam menjaga kualitas dan kelestarian lingkungan. Untuk nominasinya, Jatim masuk dalam Green Province dan memperoleh kategori peringkat warna silver.
Adapun pemberian IGA ini diawali dari proses pengajuan paper dan dokumen pendukung dari peserta yang terdiri dari pemerintah daerah, perusahaan, dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) sebanyak 53 peserta. Untuk kategori IGA terdapat 11 jenis, yakni Green CSR, Green Mining, Green Manufacture, Green Agribusiness, Green Real Estate, Green Banking, Green Hotel, Green Media, Green Province, Green City, Green NGO.
Dari 53 peserta, 44 di antaranya dipilih berdasarkan publikasi yang dilakukan oleh Majalah Bisnis&CSR sebagai penyelenggara. Sedangkan sembilan peserta lainnya yakni dari pemerintah dan LSM dinilai berdasarkan publikasi dan pengetahuan anggota tim penilai, sehingga layak diberi penghargaan.
Dalam proses penilaiannya, tim penilai hanya memeriksa paper dan dokumen pendukung yang berisi tentang kebijakan, tindakan, dan dampak yang dilakukan peserta guna melakukan upaya mitigasi perubahan iklim, penghematan energi, pemanfaatan air secara bijak, keanekaragaman hayati, dan green building. Sehingga, dalam hal ini, tim penilai tak lagi melakukan kros cek kebenaran di lokasi peserta.
Namun, ada pula beberapa peserta karena pemberitaan media berkaitan dengan lingkungannya diminta oleh tim penilai untuk mempresentasikan langsung. Hal itu dilakukan tim penilai agar dapat mempertanggungjawabkan penghargaan IGA yang akan diberikan.
Untuk memastikan penerima penghargaan, tim telah memutuskan melalui pleno pada 19 Juli lalu di La Brasserie Le Meridian Hotel Jakarta. Tim memutuskan Jatim sebagai salah satu penerima penghargaan IGA sebagai Green Province dan memperoleh kategori peringkat warna silver. (afr)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait