WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA BLITAR PERIODE 2010-2015 DILANTIK

UMUM | 04 Aug 2010 09:13:20 AM

Gubernur Jawa Timur Dr H Soekarwo melantik Walikota dan Wakil Walikota terpilih Kota Blitar masa jabatan tahun 2010 – 2015, Muhammad Samanhudi Anwar, SH dan H Purnawan Buchori, di Ruang Sidang DPRD Kota Blitar, Selasa (3/8).
Samanhudi dan Buchori dilantik berdasarkan SK Mendagri No.131.35-394 Tahun 2015 tanggal 28 Juli 2010 tentang pemberhentian  Djarot Saiful Hidayat yang telah habis masa jabatannya sebagai Walikota, dan mengangkat Muhamad Samanhudi Anwar sebagai Walikota untuk masa jabatan 2010-2015.
Selain itu, berdasarkan SK Mendagri No. 131-395 tahun 2010 tanggal 28 Juli 2010, tentang pemberhentian Endro Hernowo yang telah habis masa jabatannya sebagai Wakil Walikota dan mengangkat Purnawan Buchori sebagai Wakil Walikota untuk masa jabatan 2010-2015.
Gubernur Soekarwo usai pelantikan meminta agar pasangan Samanhudi dan Buchori serta seluruh aparat pemerintah Kota Blitar untuk selalu bekerjasama guna tercapainya tujuan pembangunan yang menjadi visi dan misinya, yaitu pembangunan untuk rakyat terutama masyarakat miskin.
“Visi dan  misi yang ditawarkan selama masa kampanye merupakan janji yang harus ditepati oleh para Kepala Daerah terpilih,” kata Pakde.
Gubernur juga memaparkan program pembangunan yang telah dicapai selama pemerintahan  Djarot dan Endro. Dalam paparan itu digambarkan bahwa bidang Perdagangan, Hotel dan restoran merupakan bidang yang sangat besar mengungkit pertumbuhan perekonomian kota Blitar, yaitu sebesar 24,09 persen, disusul bidang jasa sebesar 19,20 persen, bidang keuangan sebesar 13,60 persen dan bidang industri sebesar 12,81 persen.
“Oleh karena itu saya tekankan agar pasangan Samanhudi dan Buchori agar terus meningkatkan kualitas dan kuantitas ke empat bidang tersebut, yaitu dengan memperbaiki infrastruktur pariwisata yang ada dan pelayanan yang memuaskan kepada semua stake holder,”ujarnya.
Pakde Karwo juga menjelaskan jika pengangguran terbuka di Kota Blitar cukup tinggi, yaitu sebesar 8,47 persen. Oleh karena itu diharapkan agar pemerintah Kota Blitar memperhatikan pengangguran dengan memberikan kredit untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Pemberian kredit bisa dilakukan melalui PT Jamkrida, yaitu perusahaan milik Pemprov Jatim yang memberikan agunan kepada para pengusaha kecil yang tidak mempunyai agunan untuk memperoleh kredit lunak.
“Jadikan hasil pembangunan yang telah dicapai semasa kepemimpinan Djarot dan Endro sebagai titik nol untuk memulai pembangunan 5 tahun ke depan, kemudian akan kita lihat seberapa jauh keberhasilannya,” katanya.
Pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Blitar dilaksanakan melalui Rapat Paripurna Istimewa DPRD dengan acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Blitar Masa Jabatan 2010 – 2015 dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Blitar Glebot Catur Ariyanto, SH.
Walikota dan Wakil Walikota terpilih berhasil mengalahkan empat calon lainnya, mereka diusung dari PDIP dan PKB dengan memperoleh suara sebanyak 31.994 suara atau 42,36 % dari total suara sebanyak 75.523 DPT. Ke-4 pasangan yang dikalahkan adalah pasangan  Ir Endro Hermono dan dr Ashar, pasangan Anang Triono dan Bambang Gunawan, pasangan Zainudin dan Masrukin serta pasangan Heru Sunaryanta dan Soleh Muadi.(sti)

Views 1306
Web Statistic