Sabtu, 20 April 2024

TIM ITS MARITIME CHALLENGE BERLAGA DI ATLANTIC CHALLENGE INTERNATIONAL

Diunggah pada : 26 Juli 2010 13:52:05 16
thumb

Tim ITS Maritime Challenge (MC) Indonesia mulai berlaga di ajang Atlantic Challenge International (ACI) di Kanada. Mereka sudah mendapatkan point 21 dalam kategori Captain Gigs, sementara point tertinggi diraih oleh Irlandia dan Denmark, yaitu 31.
Tim MC Indonesia terus mengevaluasi dan menyusun strategi untuk 12 kategori lomba lainnya. Pada 25 July 2010 (waktu Kanada) TIM MC Indonesia berusaha maksimal untuk mencuri point di kategori Oars and Sailing (dayung dan layar) dan Jakstay Transfer( ketangkasan dalam mengimkan barang dari laut ke darat melalui tali). Mereka sangat optimis meraih point, karena layar dan perahu mereka baru.
    Sejak tahun 2002, tim MC ini selalu aktif mengikuti perlombaan di kancah internasional, juga perlombaan-perlombaan maritim lainnya. Tahun ini, dengan kapal terbaru mereka, Garuda Nusantara, mereka menjadi satu-satunya tim dari Asia Pasifik yang turut serta dalam lomba tersebut.
“Kami sangat siap untuk bertarung melawan lima belas negara lainnya. Tidak hanya mewakili ITS, tetapi juga mewakili Indonesia,” ujar Ketua Divisi Humas Maritime Challenge, M Adrian W melalui rilisnya, Senin (26/7).
Sementara pembina tim Maritime Challenge, Ir Daniel M Rosyid PhD, MRINA mengaku sangat bangga dengan timnya ini. “Mereka telah berlatih sangat keras, dan belajar banyak hal, termasuk kepelautan dan kepemimpinan. Saya melihat mereka sebagai mahasiswa-mahasiswa yang matang melalui praktik,” tuturnya.
Dosen Teknik Kelautan ini berharap bahwa keikutsertaan rutin tim dari ITS nantinya bisa menginspirasi tim-tim bahari lainnya dari seluruh Indonesia.
Selepas ajang Maritime Challenge sebelumnya, pada tahun 2008, tim Maritime Challenge memang telah berlatih keras untuk ACI tahun ini. Latihan mereka berupa  lari dan juga renang di KONI selama dua minggu sekali.
Khusus menjelang minggu-minggu terakhir sebelum keberangkatan mereka dibina secara khusus oleh pasukan Komando Pasukan Katak (Kopaska) dari Armatim. Anggota tim yang terdiri dari 12 orang lelaki dan 5 perempuan, tampak dalam keadaan sangat prima.
Sebelumnya di awal kegiatan, pada pagi hari menjelang Opening Ceremony,  tiga belas tim dari berbagai negara seperti Belgia, Canada, Denmark, Finland, France, Great Britain, Indonesia, International (Basque, Brittany, Maine, Russia), Ireland, Northen Ireland, Quebec (Canada 2) dan USA sarapan pagi bersama dengan makanan yang sudah disediakan panitia. Setelah itu masing-masing bergegas mengganti pakaian yang akan ditampilkan pada Opening Ceremony.
Pada pukul 1.15 pm acara ACI resmi dimulai dengan parede keliling kota dari seluruh peserta ACI dari north simcoe sports and recreation center(NSSRC) menuju Town Dock. Diiringi dengan marcin band dari Royal Canadian Legion Branch 80. Mereka  melewati sepanjang jalan King Street. Kota Midland yang sangat sepi dengan populasi 16.000 orang, namun menjadi ramai karena acara Ini. Sekitar 20 menit lamanya mereka berjalan turun menuju town dock(arena lomba).
Kemudian dilanjutkan dengan lomba Captain Gigs pada pukul 3.00 pm. Yaitu lomba ketangkasan dalam merapatkan kapal ketika menjemput kapten, kekompakan mendayung dan cara menyambut kapten.(sti)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait