Rabu, 24 April 2024

PEMPROV HARAP PT ASKES TINGKATKAN LAYANAN KESEHATAN

Diunggah pada : 30 Juni 2010 15:57:24 13
thumb

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur mengharapkan PT Asuransi Kesehatan (Askes) Regional VII untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi orang yang tidak tercover oleh Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jaskemas) dan Kartu Jaminan Kesehatan daerah (Jamkesda).
Sekertaris Daerah Prov Jatim, Dr H Rasiyo usai membuka Sarasehan Kantor Askes, di Hotel Bumi Surabaya, Rabu (30/6) mengatakan, pelayanan kesehatan ini bagi Anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), Persatuan wredatama Republik Indonesia (PWRI) dan Persatuan Purnawirawan ABRI (Pepabri) Prov Jatim. “Selama ini, PT Askes  telah melakukan usaha-usaha positif untuk memberikan layanan kesehatan kepada purnawirawan tugas. Selain itu, pelayanan kesehatan yang bukan purnawirawan tugas harus juga dilayani dengan baik seperti masyarakat miskin,” ujarnya.
Ketua Askes Regional VII Jawa Timur, dr Edison MM AAk mengatakan, LVRI/PWRI/ABRI PEPABRI merupakan wadah organisasi perserta Akses yang patut mendapatkan perhatian, terutama dalam pemahaman informasi pelayanan kesehatan yang mereka butuhkan.
Berdasarkan database askes, jumlah Anggota Askes sosial di Jatim sampai dengan Mei 2010 sebanyak 2.215.635 jiwa dengan kelompok usia di atas 56 tahun sebanyak 740.162 jiwa atau 33,4% dan kelompok usia di atas 40 tahun sebayank 1.401.384 jiwa atau 63,2%.
Kelompok umur yang berusia di atas lebih dari 40 tahun yang merupakan mayoritas peserta askes, cenderung berpotensi terserang penyalit degeneratif maupun penyakit kronis, yang merupakan jenis-jenis penyakit yang menyerap biaya tinggi, antara lain darah tinggi (hypertensi), gagal ginjal, jantung, diabetes mellitus dan penyakit keganasan kanker.
Ia menjelaskan, dari upaya untuk peningkatan pelayanan kepada anggota diharapkan peserta lebih memahami hak dan kewajibannya sebagai anggota Askes dan mendapat informasi yang didapat langsung kepada pesesta, khususnya untuk upaya prevensi.
“Pelayanan Askes tidak hanya berorientasi pada pelayanan kesehatan bagi peserta yang sakit, tetapi juga berkembang ke arah yang lebih luas dan profesional dalam rangka mewujudkan misi perusahan melalui pelanggan melampaui harapan dan slogan Bring Askes To The Top, Askes siap melayani peserta di seluruh indonesia dengan layanan yang ramah, tanggap dan infromatif,” ujarnya.(dra)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait