Jumat, 19 April 2024

SEKDA HARAP IAKI TERUS TINGKATKAN KUALITAS SDM

Diunggah pada : 25 Juni 2010 14:59:03 2
thumb

Sekertaris Daerah Provinsi (Sekda Prov) Jawa Timur, Dr H Rasiyo mengharapkan Ikatan Ahli Kesehatan Indonesia (IAKI) menambah kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk melayani kesehatan utamanya pada pasien miskin.
Hal itu dikatakan Sekda Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Dr H Rasiyo usai membuka Musyawarah Nasional Ikatan Analis Kesehatan Indonesia, di Hotel Sangrila Surabaya, Jumat (25/6).
Untuk mewujudkan hal itu, kata sekda, diperlukan sistem pendidikan berorientasi pada pasar kerja berbasis kompetensi yang berlaku secara lintas sektoral.
Menurut sekda, kompetensi dalam hal ini adalah spesifikasi dari pengetahuan dan keterampilan serta menerapkannya dalam suatu pekerjaan sesuai standar kinerja yang disyaratkan.
Ketua Umum IAKI, Edi Harianto Mkes, mengatakan, IAKI terus  mewujudkan pribadi yang cekatan, terampil berpegang teguh kepada azas profesionalisme dan berjiwa pemimpin.
Misi IAKI yakni memadukan segenap potensi analis kesehatan dari anggota dengan berbagai unsur profesi berdasarkan pengabdian karier, serta mengembangkan Iptek berwawasan kebangsaan berdaya saing.
Sementara itu, Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan (PPSDM) Nasional, dr Bambang Giatno Rahardjo, MP mengatakan, dalam meningkatkan kemampuan perencanaan SDM kesehatan, diperlukan kejelasan standar profesi sebagai pedoman sekaligus petunjuk dalam menjalankan profesi secara baik dan benar. Standar profesi ini meliputi standar pelayanan, standar kompetensi, standar pendidikan, dan etika profesi.
SDM Kesehatan yang berkualitas ditujukan untuk memenuhi kebutuhan yang sesuai dengan standar, antara lain dapat diukur dari berbagai elemen kompetensi seperti berkepribadian yang baik, penguasaan ilmu dan keterampilan tinggi. Selain itu, mampu berkarya dengan efektif dan efisien, mempunyai sikap dan perilaku yang baik, serta mempunyai pemahaman yang baik tentang kaidah berkehidupan bermasyarakat.(dra)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait