Sabtu, 20 April 2024

GUBERNUR BUKA TOUR DE EAST JAVA 2010

Diunggah pada : 18 Juni 2010 15:22:07 7
thumb

Gubernur Jawa Timur, Dr H Soekarwo membuka Tour de East Java (TdEJ) 2010 di Tulungagung, Jumat (18/6). Kali ini TdEJ digelar selama tiga hari, (18-20 Juni) dan diikuti 150 pembalap dari 19 negara, antara lain Jepang, Kazakstan, Belanda, Inggris, Polandia dan Philipina.
Pada etape pertama ini, pembalap menempuh jarak 100,4 km, dengan start depan kantor Bupati Tulungagung dan finish di GOR Tulungagung. Adapun jalur yang akan dilalui yakni Tulungagung, Gondang, Durenan, Pogala, Trenggalek, Bandung, Besuki, Pantai Prigi, Popoh, Campur Darat, Boyolangu dan kembali ke Tulungagung.
    Gubernur mengatakan, partisipasi jumlah peserta yang tinggi dalam TdEj kali ini meningkat, ini berkat kepercayaan internasional yang diberikan Jatim. “Kami gembira dengan  kepercayan tersebut, ini tentu tidak lepas dari faktor keramahan dan keamanan Jawa Timur,” kata Soekarwo.
    Ini merupakan salah satu nilai yang terus digalakan untuk membangun karakter, dan memberikan contoh luar biasa. “Mari kita mendukung kegitan ini. Ini merupakan sport torism (pariwisata olahraga) yang sangat baik bagi Trenggalek dan dan Tulungagung,” katanya.
Dia juga ingin, di TdEJ 2011 nanti membantu lebih banyak karena pada saat itu para pembalap akan diajak berlomba di kawasan Pegunungan Bromo yang pemandangannya cukup bagus dan hampir semua turis menyukainya. Bromo merupakan gunung yang terindah ke tiga di dunia setelah Gunung Babarus di Rusia dan Olimpus di Athena.
    Tahun 2010 ini menjadi tahun keenam bagi even olahraga balap sepeda internasional TdEJ setelah sukses di lima edisi terdahulunya. Even kebanggaan masyarakat Jawa Timur ini kembali membangkitkan semangat Sport-Tourism. Bagi tim-tim asing even TdEJ tetap menjadi daya tarik karena menawarkan beragam tantangan di setiap etapenya.
Sementara itu, untuk etape II, menempuh jarak 154,7 km dengan rute Wonorejo Dam, Blitar, Pare, Kediri dan Nganjuk. Tour terdiri dari 3 etape (dua stage Road Race dan satu stage Criterium), serta menyajikan tantangan bagi para pembalap yang akan menempuh jarak 368,6 km.
TdEJ kali ini dikemas secara minimalis, namun tetap apik dan meriah sehingga dapat menjadi alternatif hiburan bagi masyarakat Jawa Timur, sekaligus menjadi saksi pertarungan sengit pembalap Internasional.
Hadiah yang diperebutkan, yakni total Rp 134.040.000, terbagi dari hadiah harian, overall perorangan, juara beregu, juara sprint, dan juara King Of Mountain. Para pemenang juga akan memperoleh piala gubernur untuk kategori juara umum beregu, piala Wakil Gubernur untuk kategori juara umum perorangan, piala Kapolda untuk kategori sprint dan piala Bupati untuk juara umum King of Mountain.(sug,ern)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait