Selasa, 16 April 2024

JULI, KWARDA GELAR LOMBA TINGKAT PENGGALANG

Diunggah pada : 9 Juni 2010 14:12:19 3
thumb

Kwartir Daerah Gerakan Pramuka (Kwarda GP) Jawa Timur bakal menggelar Lomba Tingkat Penggalang (LTP) yang diadakan pada 14-18 Juli di Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan. LTP akan diikuti sekitar 760 peserta atau 76 regu yang terdiri dari masing-masing regu sebanyak 10 orang dari 38 kwarcab se-Jatim.
Ketua Dewan Kerja Daerah Kwarda GP Jatim, Zamzami Sabiq saat dikonfirmasi, Rabu (9/6) menjelaskan, pelaksanaan LTP kini terus dipersiapkan, seperti koordinasi kepanitiaan tiap bidang yang dilakukan beberapa hari lalu. “Untuk kepastian teritori di Purwodadi, kini sudah kami lakukan dan waktu pelaksanaan masih sesuai ketentuan awal,” ujarnya.
Ia menuturkan, untuk konsep kegiatan akan dilangsungkan dalam bentuk perkemahan. Dalam kegiatan LTP ini juga bakal dilombakan banyak perlombaan dengan kategori yang dibagi untuk seluruh peserta baik regu putra atau putri. Misalnya, lomba perkemahan, yakni akan beberapa kategori penilaian seperti kebersihan tenda dan kebenaran simpul tali.
Selain itu, terdapat pula lomba pentas seni di mana tiap regu bakal menampilkan pertunjukan seni daerah khas masing-masing, lomba karaoke, lomba radio seperti jambore on the air (jota), lomba short message service dengan menggunakan sandi morse, lomba memasak, hingga safari camp di area Purwodadi.
Untuk penjurian lomba, hingga kini masih dikoordinasikan dan beberapa hari lalu telah ditetapkan beberapa nama yang ditunjuk sebagai juri lomba. Namun, mengenai soal yang bakal dilombakan, kini panitia masih sedang menyusun dan diperkirakan selesai dibuat pada pertengahan Juni mendatang.
Terkait sosialisasi pelaksanaan LTP ini, pihaknya telah melakukan dengan mengirim surat pada seluruh kwarcab se-Jatim. Untuk delegasi peserta, tiap kwarcab akan mengirimkan dua regu yakni satu regu putra dan satu regu putri. Untuk penentuan regu mana yang dikirim akan menjadi kebijakan dari tiap kwarcab melalui mekanisme yang ditentukan tiap kwarcab, misalnya melalui proses seleksi.
Ia pun menganggap sosialisasi melalui pengiriman surat pun belum dirasa maksimal, sehingga perlu dilakukan sosialisasi lanjutan sebelum LTP digelar. Guna memaksimalkan proses koordinasi peserta dengan panitia, pihaknya juga bakal mengadakan technical meeting (TM) pada pertengahan Juni mendatang. “Melalui TM ini, perwakilan peserta akan diberikan pembekalan konsep LTP,” tuturnya.
Rencananya, setelah LTP digelar dan menghasilkan dua regu yang menjadi juara yakni satu regu putra dan satu regu putrid, maka selanjutnya Kwarda akan merekomendasikan juara terbaik itu menjadi peserta dalam LTP V tingkat nasional. LTP V tingkat nasional ini digelar oleh Kwarnas di Cibubur yang direncanakan pada 2011 mendatang. (afr)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait