Selasa, 23 April 2024

SEBANYAK 121 PRAJURIT KOARMATIM IKUTI LATIHAN PERNIKA

Diunggah pada : 5 Mei 2010 9:04:20 8
thumb

Sebanyak 121 prajurit Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) yang mengawaki kapal perang mulai pangkat perwira, bintara, dan tamtama mengikuti latihan Peperangan Elektronika (Pernika) TNI AL Tahun 2010.
Kasubdispenum Dispen Koarmatim, Mayor Laut Drs Kariono, MAP di kantornya Surabaya, Rabu (5/5) mengatakan, latihan pernika yang akan berlangsung hingga 11 Mei mendatang tersebut, akan menggelar beberapa materi latihan, meliputi pembekalan dan diskusi, tactical game di Komando Pengembangan dan Pendidikan TNI AL (Kobangdikal) serta praktik lapangan di Koarmatim.
Dalam sambutan tertulisnya, Kadiskomlekal, Laksamana Pertama TNI Denny Novendy mengatakan, latihan pernika ini bertujuan untuk mempertahankan, meningkatkan kemampuan personel pengawak, dan menguji alat peralatan pernika TNI AL dalam melaksanakan tugas dan operasi. Diharapkan nantinya terukur tingkat kesiapan peralatan pernika, serta terukur tingkat pengetahuan dan keterampilan pengawak alat dan peralatan dalam melaksanakan peperangan elektronika.
“Seperti kita ketahui bersama, peralatan pernika TNI AL saat ini masih terbatas  sehingga akan banyak kesulitan yang mempengaruhi jalannya latihan. Tetapi dengan berdasar pada pengalaman yang didapat dari latihan-latihan yang lalu, saya  percaya dan optimis setiap personel baik secara individu maupun dalam tim, dapat melaksanakan latihan ini dengan baik,”katanya.
Kadiskomlekal berpesan kepada peserta latihan agar melaksanakan latihan ini dengan penuh semangat dan sungguh-sungguh. “Kepada para penilai dan pengawas latihan, laksanakan penilaian latihan ini seobyektif mungkin. Berikan evaluasi dan arahan-arahan yang berguna bagi peningkatan kualitas peserta latihan,”tegas Kadiskomlekal.

Lomba Mancing
           Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Angkatan Laut (Hardikal) ke-64 tahun 2010 Kobangdikal menggelar lomba mancing berhadiah sepeda motor, kulkas, tv dan  sepeda gunung.
            Lomba Menamcing yang dibuka langsung Komandan Kobangdikal Laksda TNI Sumartono ini diikuti lebih dari 500 orang pemancing yang berasal dari perwakilan satuan kerja yang ada di lingkungan Kobangdikal. Lomba mancing yang kali kedua dihelat  pada masa jabatan Laksda Sumartono setiap jelang Hardikal ini, digelar di Kolam Ikan Gunung Sumbing, Kesatrian Bumimoro Kobangdikal. “Hanya modal sedikit untuk beli kail, senar dan umpan, peserta bisa berpeluang dapatkan  rejeki nomplok,” ujar Laksamana Sumartono
Menurutnya, lomba ini tujuannya bukan hanya untuk memperebutkan hadiah semata, namun rasa kebersamaan dan berbagi dengan anggota Kobangdikal itu yang utama.  
            Sementara itu ketua panitia lomba memancing, Letkol Laut (KH) Andi Suseno mengatakan, memancing adalah satu kegiatan yang memerlukan kesabaran, ketelatenan kecekatan dan keterampilan dalam mengolah umpan yang pas dan cocok untuk ikan yang akan menjadi sasaran pancing. ”Selain pengetahuan tentang jenis umpan yang disukai ikan, juga pemilihan tempat dan waktu yang bagus untuk memancing ikan,” terangnya.
            Memancing pada Hardikal kali ini, lanjutnya Andi, menawarkan hadiah yang lebih besar dan menarik jika dibanding tahun sebelumnya. Tahun lalu tidak ada sepeda motor sebagai hadiah, namun kali ini ada 2 unit sepeda motor, 1 kulkas, 1 tv 21 inc dan 4 unit sepeda gunung.
            Selain anggota, terlihat pula para pejabat teras Kobangdikal yang turut memeriahkan lomba memencing ini, selain Dankobangdikal ada juga Wadan Kobangdikal Brigjen TNI Marinir P Verry Kunto G SH,  Komandan Kodikopsla, Laksma TNI Totok Permanto, dan pejabat lainnya. (hjr,sti)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait