Kamis, 28 Maret 2024

PEMPROV GELAR PAMERAN PELAYANAN PUBLIK

Diunggah pada : 7 April 2010 15:18:42 1
thumb

Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) akan menggelar pameran pelayan publik. Pameran ini akan diselenggarakan di Malang pada 8 hingga 11 April 2010.
    Kepala Bidang Tatausaha Sekretariat Provinsi Jawa Timur (Setda Prov Jatim),  Donatus Manang di kantornya, Rabu (7/4) mengatakan, pameran ini akan diikuti seratus stan. Sampai saat ini, sudah terisi semua dan diikuti semua instansi Pemprov dan Pemerintah kabupaten/kota.
    Pameran ini menampilkan contoh pelayanan publik yang transparan. Diharapkan, pelayanan dapat diberikan pada masyarakat secara secara cepat, tepat, dan sesuai aturan. Pamareran digelar dalam rangka persiapan menuju Piala Citra Pelayanan Prima yang dinilai oleh pemerintah pusat. Sebelum dinilai oleh pemerintah pusat, maka pelayanan itu akan dinilai oleh pemprov.
Sebagai syarat untuk menjadi peserta dalam pemilihan Piala Citra Pelayan Prima, pelayanan publik tersebut harus menjadi ikon di kabupaten/kota masing-masing. Setelah menjadi ikon, maka akan menjadi percontohan seluruh Jatim. Untuk itu, perlu mengikuti pameran yang diselengrarakan oleh pemprov.
Untuk menciptakan pelayanan publik yang prima dan transparan perlu adanya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), sarana prasarana yang memadai, penggunaan teknologi, dan berpedoman pada International Organization for Standardization (ISO).
Peningkatan SDM diperlukan untuk dapat memberikan pelayanan pada masyarakat secara responsif dan adaptif. Adanya sarana dan pasarana yang memadai dapat menciptakan indeks kepuasan masyarakat yang tinggi. Karena Indeks kepuasan masyarakat merupakan bentuk keberhasilan dalam memberikan pelayanan.
Sedangkan pengunaan teknologi, SDM yang memberikan layanan diharapkan tidak gagap dengan informasi.  Menurutnya dengan menambah pengetahuan melalalui peningkatan teknologi dapat menciptakan cara berfikir yang maju karena menetahui informasi-informasi terbaru. Setiap lembaga yang memberikan pelayanan publik diharapkan memiliki standar ISO.
Jatim tahun ini memiliki enam rumah sakit dan tujuh instansi lain yang sudah dapat memberikan pelayanan secara transparan dan menjadi percontohan. Rumah sakit tersebut, yakni Rumah Sakit Haji Surabaya, Saiful Anwar Malang, RSUD Jombang, Nganjuk, Sumenep, dan Ibnu Sina Gresik. Sedangkan tujuh instansi yang sudah menjadi percontohan di tingkat Jatim, di antarnya KB Samsat Kediri, Puskesmas Pasura Lumajang, dan Puskesmas Wono Asih Kota Probolinggo.
Menurutnya, hampir seluruh kabupaten/kota yang ada di Jatim sudah menerapkan pelayanan publik yang prima. Mulai tahun ini, upaya peningkatan pelayanan publik juga ditingkatkan di kepulauan Madura. Ia menilai Kabupaten Sampang lebih maju bila dibandingkan dengan Pamekasan dalam hal pelayanan publik. (oby)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait