Jumat, 29 Maret 2024

POLDA BUKA PENDAFTARAN TARUNA DAN TARUNI AKPOL 2010

Diunggah pada : 6 April 2010 13:30:21 116
thumb

Kepolisian Daerah Jawa Timur membuka pendaftaran penerimaan calon Taruna dan Taruni Akedemi Polisi (Akpol) tahun anggaran 2010, kepada masyarakat yang berdomisili di Jatim.
Kasubid Publikasi Polda Jatim AKBP Suhartoyo, di Mapolda Jatim, Selasa (6/4) mengatakan, berdasarkan surat  pengumuman dari Kapolda Jatim Nomer Peng/01/III/2010 disebutkan, pendaftaran dibuka mulai pekan pertama, yaitu tanggal 3 Mei sampai 7 Juni bertempat di Mapolda Jatim.
"Para pendaftar bisa langsung membawa lamarannya di Mapolda Jatim, dan selama mengikuti seleksi tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Keterangan selengkapnya juga dapat dilihat langsung di masing-masing polwil, polres dan polsek di seluruh Jawa Timur," katanya.
Adapun persyaratannya lulusan SMU/sederajat berumur 21 tahun, dengan persyaratan nilai IPA  enam koma lima (6,5), IPS tujuh (7), sementara untuk calon yang masih duduk di bangku kelas III, menggunakan nilai rata-rata rapor semester I kelas III minimal 7 untuk IPA dan minimal 7,25 untuk IPS, serta bagi lulusan brigadir polisi tahun 21 tahun, untuk sarjana berumur 22 tahun, belum pernah menikah, tinggi badan 163 cm, wanita 160 cm.
Persyaratan administrasi yang harus dibawa pada saat pendaftaran di antaranya, surat permohonan, SKCK, surat keterangan kesehatan dari institusi kesehatan. KTP calon, kartu keluarga (KK), KTP orang tua asli.
Akte kelahiran atau surat kenal lahir asli, semua ijazah atau rapor asli dan membawa pas foto hitam putih ukuran 4x6 sebanyak 12 lembar, map kuning 3 lembar dan snelhecter (stofmap berlobang - red) kuning 5 lembar.
Suhartoyo juga menjamin, pendaftaran Akpol bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), baik langsung, maupun tidak langsung. "Apabila terbukti secara hukum melanggar sebagaimana yang dimaksud, maka bersedia dinyatakan tidak lulus dan akan dikeluarkan dari pendidikan pertama," katanya.
Dia juga mengimbau kepada para calon dan orang tua calon pendaftar Akpol jangan percaya dengan calo atau joki dengan modus dengan minta imbalan uang bisa meluluskan calon Akpol tersebut, dan apabila ditemukan laporkan ke saya lewat SMS, karena seleksi polisi sekarang sudah transparan, sehingga pendaftar yang lulus adalah mereka yang memenuhi persyaratan.
“Kalau ada anggota  yang meminta uang untuk meloloskan anak bapak-bapak dan Ibu-ibu, dan apabila terbukti anggota akan dipecat. Saya tak ingin anggota saya menjadi penembak di atas punggung kuda," tuturnya.

Mutasi Pamen Polda
Jajaran Polda Jatim kembali akan melakukan mutasi atau rotasi jabatan. Berdasarkan surat telegram Kapolri Nomor STR /261/IV/2010 tertanggal 2 April 2010, terdapat beberapa pejabat mulai dari pati hingga pamen, dan  beberapa pejabat seperti kapolwil maupun kapolres mendapatkan job lebih setingkat.
Di antaranya pamen yang bertugas di Polda Jatim Seperti Kapolwil Malang Kombes Pol Rusli Nasution akan diangkat menjabat sebagai Wakapolda Kepulauan Bangka Belitung.
Kapolres Kediri AKBP Benyamin diangkat  sebagai Dirlantas Polda Kep Bangka Belitung, Kapolresta Probolinggo AKBP Imam Prijantoro digeser menjadi Kapolres Kediri, Kasat Lantas Polwiltabes Surabaya AKBP Agus Wijayanto diangkat sebagai Kapolresta Probolinggo.
Kapolres Jember AKBP Nasri akan menjabat sebagai Wakapolres Metro Tangerang, Kapolres Situbondo AKBP Taufik Rochmad dimutasi sebagai Kapolres Jember. Kapolres Sabang AKBP Imam Thobroni menggantikan Taufik sebagai Kapolres Situbondo.
Wakapolwil Malang AKBP Rachmat Mulyana diangkat sebagai Kapoltabes Pontianak. Kombes Pol Ismu Gunadi Widodo Kabid Binkum Polda Jatim dimutasi sebagai Pamen Polda Jatim dalam rangka persiapan pensiun. Wakapolwil Madura AKBP Imam Sayuti diangkat sebagai advokat utama Bid Banhatkum Div Binkum Mabes Polri.
Kombes Pol Syaiful Bachri yang beberapa bulan menjabat sebagai Kasat Brimob Polda Jatim dimutasi sebagai pamen Polda Jatim dalam rangka persiapan pendidikan Lemhanas. Syaiful digantikan AKBP Restu Mulyana Budyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Wakasat Brimob Polda Jabar.
Dia mengatakan, pihaknya belum menerima surat TR tersebut karena surat tersebut masih berada di Kapolda Jatim. Namun, pengakatan pangkat ini terjadi agar perubahan struktur yang terjadi di organisasi Polri untuk peningkatan karier anggota dan juga untuk penyegaran organisasi Polri di wilayah masing-masing, Selain itu juga kenaikan pangkat ini dilihat dari kinerja sebagai anggota polisi. “Jadi pamen itu mengalami kenaikan pangkat reguler dan penghargaan atas kinerjanya sebagai anggota polisi.” ujarnya. (pca)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait