Kamis, 25 April 2024

SEBANYAK 171 PERUSAHAAN DAPAT PENGHARGAAN GUBERNUR

Diunggah pada : 26 Maret 2010 11:41:55 22
thumb

Sebanyak 171  perusahaan mendapat penghargaan dari Gubernur Jawa Timur Dr H Soekarwo. Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan tersebut karena berhasil menerapkan sistem keselamatan kerja (Zero Accident).
 Perusahaan yang menerima Zero Acident, yaitu 32 perusahaan di Kabupaten Pasuruan, 26 perusahaan di Kab Sidoarjo, 14 perusahaan di Kabupaten Gresik, 13 perusahaan di Kabupaten Tuban, 11 perusahaan di Kota Surabaya, 8 perusahaan di Sumenep, 7 perusahaan di Kabupaten Lamongan, 7 perusahaan di Kabupaten Malang, 6 perusahaan di Kabupaten Jombang, 6 perusahaan Kabupaten Blitar, 44 perusahaan di Kabupaten Bojonegoro, 4 perusahaan di Kota Mojokerto.
Gubernur Jatim Dr H Soekarwo usia acara penyerahan Penghargaan Zero Accident di Graha Wicaksana, Kamis (25/3) sore mengatakan, penghargaan ini merupakan langkah yang baik dan bagus, karena ini bisa mengukur sebuah kinerja suatu perusahaan dalam melindungi keselamatan dan kesehatan dalam bentuk Hak Asasi Manusia (HAM).
Dikatakannya, jumlah perusahaan di Jatim pada 2009 telah mengalami kenaikkan dalam memberikan keselamatan dan kerja sebanyak 170 perusahaan, pada 2010 mencapai 171 perusahaan, ini dibadingkan dengan tahun 2007 hanya 99 perusahaan.
Mengenai dampak sosial bagi buruh gubernur mengatakan sangat bagus karena buruh dapat bekerja dengan tenang dan aman, sehingga dengan perlindungan dari perusahaan dapat mengubah perilaku para buruh. “Hal ini membuat para buruh dapat bekerja dengan tenang, nyaman dan keluarganya di rumah tidak khawatir,” tuturnya.
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Kependudukan Jawa Timur Guntur Wicaksono mengatakan, penghargaan in bertujuan untuk membudayakan pelakasaan Keamanan Keselamatan Kerja (K3), Bipartit dan 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) di kawasan perusahaan di Jatim, sehingga tercipta tempat kerja yang aman, nyama, sehat dan dapat meningkatkan produltivitas kerja.
“Dengan adanya perlindungan kesehatan, keselamatan dan kenyamanan dapat menciptakan keharmonisan dalam bekerja, karena hal tersebut merupakan bentuk pemberian kesejahteraan pekerja,” ujarnya
 Gubernur Soekarwo juga memberikan penghargaan pembina K3 kepada sembilan bupati/walikota, yakni Bupati Pasuruan, Bupati Sidoarjo, Bupati Gresik, Bupati Tuban, Walikota Surabaya, Bupati Sumenep, Bupati Lamongan, Bupati Jombang dan Bupati Blitar.
Sedangkan, penghargaan kategori pembina berhasil memotivasi Bipartit ada tujuh kepala daerah, yakni Bupati Sidoarjo, Bupati Jember, Bupati Bondowoso, Bupati Pasuruan, Bupati Madiun, Bupati Pacitan dan Walikota Surabaya.
Sedangkan untuk kategori lomba penerapan sistem 5R ada 39 perusahaan. Dari 39 perusahaan itu yang mendapat penghargaan trofi produktivitas adalah PT Semen Gresik Wilayah Tuban (Juara Umum I), PT Tjiwi Kimia Sidoarjo (Juara Umum II) dan PT Pembangkit Jawa Bali area Malang (Juara Umum III). (pca)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait