SEBANYAK 12 TAMTAMA MUDA JALANI PEMBARETAN

UMUM | 23 Mar 2010 02:38:15 PM

Sebanyak 12 Tamtama Remaja yang baru masuk di jajaran satuan kapal cepat Komando Armada RI Kawasan Timur (Satkat Koarmatim), telah menjalani pembaretan yang dipimpin Komandan Satkat Koarmatim Kolonel Laut (P) Robeth W di Surabaya, Selasa (23/3).
Kolonel Laut (P) Robeth W mengatakan, pembaretan merupakan rangkaian kegiatan Pekan Orientasi Tamtama Remaja Satkat Koarmatim yang dilaksanakan selama empat hari. Kegiatan dimaksudkan untuk memberikan gambaran serta pemahaman tentang berbagai hal yang akan mereka laksanakan selama bertugas di kapal perang jajaran Satkat Koarmatim. Selain itu, untuk meminimalisasi kekerasan yang dapat berdampak pada kerugian personel, serta mengorganisasi kegiatan orientasi secara terpusat, sehingga dicapai pemahaman dan pengetahuan yang sama oleh para peserta.
 Selama orientasi, peserta akan mendapatkan pemahaman berbagai kegiatan dinas di kapal, pemahaman terhadap organisasi dan peralatan di kapal, pemahaman kompleks Mako Koarmatim, mengetahui kemampuan berenang, serta pembekalan tentang etika dan moral prajurit.

Sertijab 11 Pimpinan
Sebanyak 11 jabatan strategis dilingkungan jajaran Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) diserahterimakan. Salah satunya Komandan Satuan Pasukan Katak (Dansatpaska) Koarmatim Kolonel Laut (T) Yulius Bustami yang saat ini sedang mengikuti bursa pencalonan pemilihan calon Wakil Walikota Surabaya diserahterimakan kepada penggantinya Letkol Laut (P) Yeheskiel Katiandacho SE MM yang sebelumnya menjabat Wadan Resimen Kadet AAL.
Cawawali Kota Surabaya, Kolonel Laut (T) Yulius Bustami selanjutnya hanya menjadi Pamen Koarmatim alias nonjob sehubungan yang bersangkutan telah membuat pernyataan pengunduran diri alias pensiun dini dari dinas aktif prajurit TNI. Permohonannya saat ini tengah diproses, sehingga konsekuensi seorang prajurit TNI mengikuti pilkada adalah mengajukan pensiun dini.
Ke-10 pejabat lainnya, Asisten Operasi Pangarmatim diserahterimakan dari Kol Laut (P) ING Ary Atmaja SE kepada Kol Laut (P) Arusukmono Indra Sucahyo, Komandan Satuan Kapal Eskorta dari Kol Laut (P) Aan Kurnia SSos kepada Kol Laut (P) Robert Wolter Tappangan. Komandan Satuan Kapal Patroli dari Kol Laut (P) Agung Prasetyawan kepada Kol Laut (P) Dadi Hartanto.
Kemudian jabatan Komandan Satuan Kapal Cepat dari Kol Laut (P) Robert Wolter Tappangan kepada penggantinya Kol Laut Laut (P) Yudho Margono, Komandan Satuan Kapal Ranjau dari Kol Laut (P) Gig JM Sipasulta kepada Kol Laut (P) Benny Sukandari, Kepala Dinas Pemeliharaan Kapal dari Kol Laut (T) Toto Prihatono kepada Kol Laut (T) Ir Aziz Ikhsan Bachtiar, jabatan Kepala Dinas Material dan Pembekalan dari Kol Laut (T) Agus Karminto kepada Kol Laut (T) Udyatmiko.
Selanjutnya, dilaksanakan pula penyerahan jabatan kepada Pangarmatim, yakni jabatan Komandan Komando Latihan dari Kol Laut (P) Didik Wahyudi SE dan Kepala Pusat Komando dan Pengendalian dari Letkol Laut (P) Zainal Akbar sehubungan kedua pejabat tersebut belum ada penggantinya.
Disamping serahterima jabatan, dilaksanakan juga pengukuhan jabatan Komandan Satuan Kapal Selam Koarmatim kepada Kol Laut (P) Muhammad Ali. Jabatan Komandan Satuan Kapal Selam sebelumnya dijabat oleh Kol Laut (P) Tunggul Suropati SE yang saat ini sedang bertugas sebagai Komandan Satgas Perbaikan (Overhoul) KRI Nanggala-402 di Korea Selatan. (hjr)
 

Views 800
Web Statistic