Sabtu, 20 April 2024

SEKDA AKAN CANANGKAN TRI SUKSES DI POSPENAS 2010

Diunggah pada : 18 Maret 2010 8:28:21 9
thumb

Ketua Umum Panitia Pospenas, Dr H Rasiyo akan mencanangkan Tri Sukses dalam pelaksanaan Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren (Pospenas) saat rapat persiapan Pospenas V 2010 di ruang Binaloka Kantor Gubernur Jl Pahlawan Surabaya, Rabu (17/3).  
Tri Sukses artinya Sukses Penyelenggaraan, Sukses Prestasi dan Sukses Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan di Pospenas mendatang. ”Kami mengutip motto Tri Sukses dari Mantan Gubernur Jatim, H Imam Utomo saat Jatim menjadi penyelenggaraan PON XV 2000”, ujar mantan Kadis Pendidikan Nasional Prov Jatim.
Sukses penyelenggaraan dimaksudkan agar tuan rumah melaksanakan dengan baik dan tertata rapi, baik sarana venues, akomodasi, maupun perangkat pendukungnya.
Sukses Prestasi, yakni diharapkan Kontingen Pospenas V Jatim mampu meraih prestasi terbaik dengan merebut juara umum. Atlet yang bertanding dipersiapkan secara matang dan mampu menyumbang medali emas.
Sukses pemberdayaan ekonomi rakyat artinya pemberdayaan ekonomi rakyat sebagai salah satu strategi prioritas dalam perencanaan pembangunan. Dalam hal ini perhatian serius diberikan kepada pelaku usaha kecil sekaligus mengurangi pengangguran dan kemiskinan dengan menggali potensi-potensi ekonomi rakyat, seperti menjual kaos olahraga.
Sementara itu Sekretaris Panitia, Drs Suparman Msi, mengatakan, sebanyak 33 provinsi akan bertarung menjadi yang terbaik. Selama satu pekan, yakni 5-11 Juli semua daerah akan berlomba dengan mengerahkan potensi terbaiknya.
Tujuan penyelenggaraan Pospenas ini untuk membangun manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa, sehat jasmani dan rohani, berkualitas unggul, sportif, berdaya saing tinggi. Selain itu, meningkatkan budaya berolahraga dan seni yang bernuansa Islami, serta apresiasif dalam rangka membina khasanah budaya bangsa dan meningkatkan ukhuwah Islamiyah di kalangan santriwan dan santriwati dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.
Cabang olahraga yang dipertandingkan, antara lain atletik, bulutangkis, renang, sepak takraw, bola voli, karate, bola basket, tenis meja, pencak silat, catur, sepak bola dan senam santri, eksibisi anggar dan panahan.
Sementara untuk cabor dan tempat pertandingan atletik ditempatkan di Stadion Delta Sidoarjo.(6-9 juli), bola voli di Unesa Lidah Wetan Surabaya (6-9 juli), bulutangkis di GOR Sudirman Surabaya (6-9 juli) tenis meja HCIYS Surabaya (6-9 juli), karate di dojo Forki Surabaya (6-9 juli), Pencak Silat, Kampus C Unair (6-9 Juli),Sepak bola lapngan sepak bola ITS dan Persebaya (6-9 Juli),Catur Asrama Haji Surabaya (6-9 Juli), Senam  santri Asrama Haji Surabaya (6-9 Juli).
Untuk cabang seni, yang dilombakan yaitu qasidah (rebana, alternatif dan santri idol), puisi terjemahan Al Qur’an, lomba cipta puisi isi kandungan Al Qur’an, baca puisi islami, kaligrafi (murni, seni lukis kaligrafi, kolase), fragmen islami (1 episode), seni kerajinan/karya seni, pidato 3 bahasa (Indonesia, Arab dan Inggris), fotografi islami, dan tari saman serta tari zapin (eksibisi).(her)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait