Kamis, 25 April 2024

TAHUN INI, SEBANYAK 28 UNIVERSITAS IKUTI KRI REGIONAL IV

Diunggah pada : 8 Maret 2010 14:47:28 1
thumb

Tahun ini, sebanyak 93 tim dari 28 universitas mengikuti Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI), dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) untuk Regional IV (Jatim dan Indonesia timur), di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada 22-23 Mei mendatang.
Anggota Dewan Juri KRI-KRCI Endra Pitowarno, di Surabaya, Senin (8/3) mengatakan, KRI-KRCI Regional IV tahun ini diikuti 93 tim dari 28 universitas, sedangkan KRI-KRCI Regional V yang meliputi Sulawesi dan Balikpapan diikuti belasan tim dari sembilan universitas
"Kalau dibandingkan dengan peserta KRI-KRCI tahun lalu, maka jumlah peserta itu tidak bertambah dari tahun ini, namun regional IV sekarang dipecah menjadi dua regional, yakni IV dan V, sehingga jumlah peserta bertambah," ujar Dosen Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) ITS Surabaya.
Ia menjelaskan, KRI-KRCI di Regional IV hanya diikuti 28 universitas tersebut, selain ada universitas yang merupakan pendatang baru, yaitu Universitas Udayana Denpasar dan Politeknik Negeri Denpasar
Menurut Endra, ke-93 tim dari 28 universitas yang mengikuti kontes robot di Regional IV itu terdiri 20 tim robot peserta KRI, 58 tim robot peserta KRCI (28 tim robot beroda, 16 tim robot berkaki, dan 14 tim robot battle), dan 15 tim KRSI.
"Dari peserta yang ada, tim-tim lama dari Surabaya dan Malang merupakan tim-tim yang kuat, apalagi KRI yang merupakan ajang paling bergengsi untuk tahun ini tidak terlalu sulit, sebab robot yang bertanding hanya adu kecepatan dan tidak sampai ada pertarungan antarrobot," katanya.
Ia menambahkan, juara KRI akan dibiayai Kemendiknas untuk mengikuti kontes robot serupa tingkat dunia bertema Abu Robocon di Kairo, Mesir pada September 2010, sedangkan juara KRI akan dibiayai Kemendiknas untuk mengikuti kontes robot serupa tingkat dunia di AS.
"Tahun 2009, tim KRI dari PENS ITS mewakili Indonesia di kontes robot tingkat dunia di Cina namun kalah, sedangkan tim kontes robot cerdas yang mewakili Indonesia ke AS berasal dari ITB Bandung dan Unikom Bandung. Tim KRCI akan berangkat ke AS pada April mendatang," katanya.(dra)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait