Rabu, 17 April 2024

DISPERINDAG GELAR DISEMINASI INFORMASI PELUANG PASAR LUAR NEGERI

Diunggah pada : 8 Maret 2010 14:45:03 5
thumb

    Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Timur, Selasa (9/3) besok menggelar Diseminasi Informasi Peluang Pasar, utamanya ke Korea Selatan, Meksiko dan Hongaria. Kegiatan yang akan dilangsungkan di Hotel Sahid ini menghadirkan pembicara dari Dirjen Perdagangan Luar Negeri, Departemen Perdagangan RI.
    Kepala Bidang Perdagangan Internasional, Disperindag Jatim, Saiful Jasan di kantornya, Senin (8/3) mengatakan, kegiatan ini juga akan mengundang pengusaha serta pelaku UMKM.
Menurutnya, produk Jatim selama ini cukup bersaing, seperti industri manufaktur, industri perikanan, pertanian dan berkebunan. Dia menyontohkan, ekspor Jawa Timur ke Korea Selatan di tahun 2009 yang menunjukkan adanya tren peningkatan signifikan.
Data Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur, neraca perdagangan Jawa Timur dengan Korea Selatan bahkan mulai surplus. Neraca perdagangan dengan Korea selama lima tahun terakhir selalu defisit. Defisit terbesar ada di tahun 2008 yang mencapai 2 miliar dollar AS.
Untuk tahun 2009, data semester I, neraca perdagangan dengan Korea Selatan surplus 80 juta dollar AS. Dengan rincian, ekspor Jawa Timur sudah tembus 210 juta dollar AS, sedangkan impor dari Korea berkisar 129 juta dollar AS.
Lebih lanjut Saiful menuturkan, selama ini negara tujuan ekspor terbesar Jatim adalah Jepang, dengan nilai ekspor selama Januari 2010 mencapai 195.031 dollar AS, disusul Malaysia 141.817 dollar AS, dan Amerika Serikat 113.211 dollar AS.
Sementara itu, dari sisi impor, nilai impor Jatim pada Januari 2010 mencapai 1.124,05 juta dollar AS. Jumlah ini hampir sama dengan total nilai ekspor Jatim pada Januari 2010. Seiring dengan pemberlakuan perjanjian pasar bebas ASEAN-Cina, negara Cina menjadi pengimpor produk terbesar di Jatim yang kemudian disusul Amerika Serikat dan Thailand. (ryo,sti)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait