Jumat, 29 Maret 2024

SEMBILAN KATEGORI DILOMBAKAN GEMASTIK 2010

Diunggah pada : 4 Februari 2010 13:38:40 3
thumb

Sembilan kategori dilombakan dalam kegiatan Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) ke tiga. Sembilan kategori itu, yakni desain web, piranti cerdas, aplikasi, pemrograman, penggalian data, keamanan jaringan, permainan bisnis, pengembangan permainan, dan lomba karya tulis bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
Ketua panitia gematik 2010 dari ITS, Ir Muhammad Husni Mkom, Kamis (4/2) mengatakan, momen akbar untuk mahasiswa bidang TIK ini menambah satu kategori dari sebelumnya yang hanya ada delapan, yakni desain web. Sebagai tuan rumah, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.
Dia mengatakan Perhelatan Gemastik dikhususkan mahasiswa S1 dan D3, untuk semua perguruan tinggi se-Indonesia. Peserta yang mendaftar untuk Gemastik tahun lalu mencapai 3000 pendaftar. "Untuk tahun ini diharapkan meningkat dari sebelumnya, minimal 3100,” ujarnya.
Ada beragam tema yang diangkat dalam berbagai lomba Gemastik, seperti lomba pengembangan permainan yang mengambil tema pendidikan, dengan membuat permainan untuk mempermudah pembelajaran fisika dan matematika.
Sementara lomba penggalian data mengambil tema bidang medis, yaitu penanganan pasien di rumah sakit dari data-data diagnosa yang disiapkan. Kesemua tema tersebut merupakan gambaran manfaat TIK dalam menunjang perbaikan masyarakat.
Pendaftaran dimulai pada 1 April – 30 Juli, babak penyisihan dilaksanakan dari 31 Juli – 30 Agustus. Sedangkan acara puncaknya pada tanggal 6-7 Oktober 2010. Semua pelaksanaan sampai penyisihan dilaksanakan secara online. “Baru setelah dinyatakan lolos peserta diwajibkan datang ke ITS pada 6 Oktober,” katanya.
Gemastik Merupakan Program dari Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Direktorat Pendidikan Tinggi (DPPM DIKTI), yang bertujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bidang TIK. Selain itu, Gemastik juga diharapkan dapat mengurangi kesenjangan digital di tanah air.
Lebih lanjut Husni menjamin pelaksanaan Gemastik nanti akan ditangani secara profesional, karena dalam penjurian akan melibatkan beberapa perguruan tinggi di Indonesia, BPPT, Kominfo, lembaga independen di bidang TIK dan juga LSM.(dra/s)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait