Sabtu, 20 April 2024

KODAM V/BRAWIJATA BUKA PENDAFTARAN CATA

Diunggah pada : 13 Januari 2010 14:57:50 2
thumb



Jatim Newsroom, Rabu (13/1);
Kodam V/Brawijaya awal- akhir Januari 2010 membuka pendaftaran Calon Tamtama (Cata) prajurit karier TNI Angkatan Darat gelombang satu. tempat pendaftaran tersebar di Surabaya, Madiun, Malang, dan Kodim-Kodim sewilayah Jatim.
Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) V/Brawijaya Letnan Kolonel Infanteri Achmad Mulyono S.Ip usai upacara Peringatan HUT Penerangan Angkatan Darat ke-59 di kantor Penerangan Kodam Surabaya, Rabu (13/1) mengatakan, pada gelombang satu tahun 2010 ini Cata yang akan direkrut sebanyak 280 orang. ”Siapa saja pemuda yang ingin mengabdi dan siap membela negara silahkan daftar,” katanya.
Menurutnya, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pendaftar yakni warga Negara Indonesia, pria, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945, serta bukan prajurit TNI/anggota Polri dan PNS TNI.
Selain itu pendaftar serendah-rendahnya berijazah SLTP/Tsanawiyah negeri atau yang disamakan, berkelakukan baik dinyatakan dengan SKCK dari Kapolres setempat, bersedia mentaati peraturan bebas KKN baik langsung mupun tidak langsung dan apabila terbukti secara hukum melanggar sebagaimana yang dimaksud maka bersedia dinyatakan tidak lulus dan atau dikeluarkan dari Dikma jika pelanggaran tersebut diketemukan dikemudian hari pada saat mengikuti Dikma.
Dikatakan kapendam, pendaftar harus belum pernah nikah dan sanggup tidak nikah selama dalam pendidikan pertama dan 2 tahun setelah diangkat menjadi prajurit berpangkat Prada,  berbadan sehat (jasmani dan rohani) dan bebas Narkoba.“Tinggi badan tidak kurang dari 163 Cm dan berat badan seimbang,” tuturnya.
Yang tidak kalah penting menurut kapendam  pendaftar harus dilengkapi surat Persetujuan/izin orang tua/wali dan bagi calon yang menggunakan wali agar diisi sesuai dengan yang menjadi wali yaitu, Bapak tiri/kakak/paman/bibi dilengkapi dengan Kartu Keluarga (KK) sesuai Surat Keputusan Pangab nomor Skep/157/II/2003 tanggal 24 Pebruari 2003.
 Bagi yang sudah bekerja harus melampirkan surat persetujuan/izin dari kepala dinas/jawatan/instansi yang bersangkutan dan bersedia diberhentikan dari status pegawai, bila diterima menjadi Tamtama PK. ”Mereka harus menyertakan Pas foto hitam putih terbaru sebanyak 15 lembar ukuran 4 x 6 cm.,” tuturnya.
Setelah persayarat dinyatakan lengkap peserta akan mengikuti beberapa tahap ujian yakni pemeriksaan/ujian administrasi, tes kesehatan, jasmani, tes psikologi serta wawancara. “Bagi mereka yang memiliki prestasi di bidang olahraga umum akan mendapatkan prioritas tersendiri. Adapun pendidikan bagi Cata akan dimulai tanggal 3 Mei 2010,” ujanrnya.
Lebih lanjut dikatakannya, dalam mengikuti seleksi, para calon Tamtama TNI AD tidak dipungut biaya apapun. Dan panitia mengimbau, hendaknya para peserta menghindari praktik-praktik yang bersifat pungli/kolusi atau KKN.
Bagi yang berminat silahkan datang ke Ajen Kodam V/Brawijaya Malang Ajen Korem 081/DJ Madiun, Ajen Korem 082/CPYJ Mojokerto, Ajen Korem 083/BDJ Malang, Ajen Korem 084/BJ Surabaya atau ke seluruh Kodim se-wilayah Jatim untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut
Untuk diketahui, perekrutan ini berdasarkan ST Kasad Nomor ST/2023/2009, tanggal 17 Desember 2009, Kodam V/Brawijaya membuka pendaftaran Calon Tamtama (Cata) Prajurit Karier TNI Angkatan Darat gelombang I TA. 2010, bagi para pemuda Warga Negara Indonesia dalam wilayah Jatim, yang dimulai pada Minggu I s/d III Januari 2010 sampai dengan tercapainya alokasi yang ditentukan. Alokasi penerimaan Calon Tamtama TNI AD Gelombang I TA. 2010 sebanyak 280 orang. (hjr/j)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait