Kamis, 28 Maret 2024

JENAZAH GUS DUR DISEMAYAMKAN DI MASJID ULIL ALBAB

Diunggah pada : 31 Desember 2009 10:09:03 98
thumb

Jenazah mantan Presiden RI ke-IV, KH Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur saat tiba di pondok pesantren (ponpes) Tebu Ireng Jombang nantinya akan disemayamkan terlebih dulu di Masjid Ulil Albab yang ada di luar ponpes yang berjarak sekitar 500 meter dari pemakaman. Rencananya, akan disemayamkan selama 1-1,5 jam dan para peziarah atau masyarakat yang akan menyolati akan diberikan kesempatan.
Sekretaris Ponpes Tebu Ireng Jombang, Anas saat ditemui, Kamis (31/12) mengatakan, sholat hanya dilakukan di satu tempat, yakni di Masjid Ulil Albab dan tidak ada lagi sholat di masjid dalam ponpes, karena di Masjid Ulil Albab tersebut tempatnya lebih luas dan mampu menampung ribuan jamaah. Selain itu, lahan parkir juga luas, jika di masjid dalam ponpes yang jaraknya hanya beberapa meter dari makam, hal itu akan mengganggu prosesi pemakaman karena membludaknya para peta`ziah.
“Saat ini persiapan pemakanan sepenuhnya sudah siap dan batu nisan yang akan dipakai sebagai penanda makan Gus Dur saat ini juga sudah selesai,” kata Anas
Saat ini mastarakat yang masuk ke ponpes dibatasi, semua masyarakat yang akan masuk dialihkan menuju ke masjid Ulil Albab, hal ini dimaksudkan untuk mengurangi banyaknya j
amaah yang ingin masuk ke ponpes. Sebelum pemakaman, ponpes hanya dibuka untuk para santri, keluarga termasuk kolega Gus Dur.
Sementara makam yang nantinya menjadi tempat peristirahatan terakhir saat ini sudah selesai digali, yang posisinya tepat di sebelah utara makam kakeknya KH M Hasyim Asy’ari dan ayahnya KH Wahid Hasyim.
Pantauan di lapangan, saat ini jalan yang menuju komplek Ponpes Tebu Ireng tepatnya di pertigaan pabrik gula Jukir saat ini telah ditutup, untuk semua kendaran  yang akan menuju ponpes diarahkan ke belakang ponpes yakni di lahan parkir di halaman Masjid Ulil Albab atau sebelah utara Kampus Institut Hasyim Asy’ari.

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait