Jumat, 29 Maret 2024

SEKDA JATIM SEGERA MILIKI FRONT DESK PELAYANAN

Diunggah pada : 5 Juni 2009 13:17:22 11
thumb

Sekretaris Daerah Propinsi Jawa Timur segera memiliki front dest pelayanan atau ruangan terdepan khusus untuk melayani masyarakat. Front desk Sekdaprop Jatim tersebut akan diresmikan Oktober mendatang. Kasubag Tatalaksana Biro Organisasi Sekretariat Daerah Propinsi Jawa Timur Donatus Manang saat di kantornya, Jumat (5/6) mengatakan, sekda sebelum memiliki front dest, biro-biro di lingkungan Pemprop Jatim diharapkan terlebih dahulu harus mempunyai sarana pelayanan masyarakat terdepan tersebut. Dikatakannya, front desk ini sangat diperlukan dinas, badan dan kantor khususnya di biro-biro dan di Sekdaprop Jatim. Front desk ini diperlukan untuk mempermudah masyarakat yang ingin mendapatkan informasi, surat-menyurat dan data tentang Jawa Timur. Kata Donatus, masyarakat atau lembaga organisasi yang ingin mendapatkan informasi di sekda dan di biro-biro tidak perlu dibawa masuk ke ruangan-ruangan tetapi cukup dilayani oleh pertugas front desk. Yang dibutuhkan standar sarana di front desk adalah ruangan yang di dalamnya ada meja penerima tamu/petugas, tulisan visi, misi, motto dan janji layanan. Selain itu yang dibutuhkan almari data/dokumen, TV, komputer, AC/kipas angin, air mineral, buku tamu, buku pengaduan/keluhan, telepon dan agar front desk tampak sejuk serta indah perlu ditambah taman/vas bunga. Contoh visi front desk adalah terdepan dalam mewujudkan organisasi pemerintah propinsi dan kabupaten/kota yang solid, efektif dan efisien. Contoh misi, penataan kelembagaan perangkat daerah. Pengembangan kinerja sumber daya aparatur. Pemantapan tatalaksana dan pelayanan publik. Analisa jabatan dan pengukuran beban kerja. Contoh motto, Asal Mau Pasti Bisa, serta janji layanan Malayani dengan Sepenuh Hati dan Tuntas Contoh protap petugas front desk adalah petugas setiap hari kerja mulai pukul 07.15-15.15 Wib, kecuali Jumat mulai pukul 07.30-14.30 Wib. Berpakaian seragam sesuai dengan ketentuan, menyiapkan data bidang organisasi, petugas harus bisa mengoperasikan komputer. Selain itu petugas juga menerima telepon informasi dan pengaduan dari masyarakat. Petugas melayani tamu dari dinas dan masyarakat yang membutuhkan. Mempersilahkan tamu mengisi buku tamu yang sudah disediakan, menanyakan keperluan tamu dari dinas dan masyarakat yang membutuhkan layanan. Bila ingin bertemu dengan pimpinan tamu dipersilahkan duduk menunggu terlebih dahulu kemudian segera memberitahukan kepada pimpinan. Protap lainnya adalah melayani apa yang dibutuhkan dan diperlukan tamu dari dinas atau masyarakat. Petugas front desk juga harus bisa menjaga kebersihan dan keindahan di lingkungan kerjanya. Dan yang paling penting layanilah masyarakat dengan prinsif Ramah, Senyum, Sapa dan Santun (RS3). Itulah salah satu contoh protap para petugas front desk di lingkungan Sekretariat Daerah Propindi Jawa Timur.

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait