Sabtu, 20 April 2024

Kolaborasi Kelompok Informasi Masyarakat, Pemkot Batu Launching Channel TV Desa

Diunggah pada : 25 November 2021 21:16:01 72

Jatim Newsroom - Kota Wisata Batu yang memiliki 19 desa dan 5 kelurahan kini semakin mudah dikenal, karena setiap desa atau kelurahan saat ini telah memiliki TV Desa. Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menggandeng Agropolitan Televisi (A TV) stasiun televisi lokal yang dikelola Pemkot. Batu menyiapkan lahirnya TV Desa serta berkolaborasi dengan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Televisi konten desa ini secara resmi dilaunching oleh Wali Kota Batu, Hj. Dewanti Rumpoko, Rabu (24/11) malam di GOR Gajah Mada Kelurahan Sisir Kecamatan Bat. Peresmiannya menjadi satu kegiatan Festival TV Desa yang digelar (23-24/11) dan menjadi rangkaian Hari Jadi Kota Batu Ke 20 Tahun 2021.

Wali Kota Batu dalam sambutannya mengatakan, merasa surprise dengan kegiatan Festival TV Desa ini apalagi dengan motto Dari Desa Untuk Indonesia, sehingga Kota Wisata Batu yang sudah dikenal ini semakin terkenal karena setiap desa dan kelurahan sudah mempunyai TV Desa yang bisa membuat tayangan atau kemasan konten kreatif masyarakat desa sehingga bisa menjadi media untuk mempromosikan desa atau kelurahan dengan berbagai potensinya.

Harapannya, Dinas Kominfo Kota Batu bisa terus melakukan pendampingan dan menyelenggarakan kegiatan - kegiatan yang untuk terus memupuk kreativitas di bidang pertelevisian bagi masyarakat bersama TV Desa. "Saya mengapresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam festival ini, TV Desa menjadi sarana masyarakat desa untuk mempromosikan potensi daerahnya melalui konten kreatif, terus adakan kegiatan semacam festival TV Desa ini setiap tahun dan Dinas Kominfo setiap bulan bisa membuat acara untuk menunjang kreativitas bagi TV Desa " ujarnya.

Festival TV Desa sebagai ajang penghargaan bagi pegiat dan pelaku pengelola yang tergabung dalam TV Desa dan KIM serta masyarakat luas. Selain launching TV Desa juga ada Awarding TV Desa dan Kompetisi Film Pendek Desa Level Nasional, untuk Lomba Film Pendek akan dibagi menjadi tiga kategori, yakni Kategori UMUM, KIM dan Kategori SMA/SMK level Nasional. TV Desa Award, dalam kategori  TV Desa Terbaik, Acara/Program Terbaik, Presenter Terbaik, Best Support Desa Terbaik, TV Desa terproduktif dalam membuat Konten dan Booth TB Desa  Favorit. Tayangan TV Desa dapat diakses dalam Channel Youtube dan telah tersedia dalam aplikasi TV Desa.

Hadir dalam acara ini, Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso dan Ketua Tim Penggerak PKK, Wibi Punjul Santoso, Ketua DPRD Kota Batu, Asmadi, Kajari Batu  Supriyanto dan Kepala Desa - Lurah se - Kota Batu juga perwakilan KIM Nusantara. (pno)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait