Jumat, 29 Maret 2024

Panahan Jatim Harus Cetak Atlet Andal

Diunggah pada : 30 September 2016 9:20:02 2

Jatim Newsroom - Kabiro Umum Setdaprov Jatim, Drs, Hizbul Wathon, berharap Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Jawa Timur terus mencetak atlet unggulan yang bisa meraih prestasi di ajang nasional maupun internasional. "Ingat perak pertama olimpiade salah satunya direbut oleh pemanah Jatim, Lilis Handayani, dan sekarang kita punya dua atlet olimpiade, prestasi ini harus terus dipertahankan," katanya  saat dihubungi via telepon kamis (29/9) malam.
 "Kalau pembinaan berjalan bagus, kemudian didukung hubungan antar atlet, pelatih, pengurus hingga orang tua atlet juga harmonis maka seluruh program latihan bisa berjalan. Saya yakin jika situasi ini bisa dipertankan maka akan muncul terus atlet nasional panahan dari Jatim," kata Hizbul yang selama ini melakukan pendamping cabor panahan PON Jatim.
 Keberhasilan  tim panahan Jatim mempertahankan juara umum PON dengan merebut enam emas, empat perak, dan empat perunggu, menunjukkan pola pembinaan atlet yang dilakukan oleh pengurus Perpani Jatim berjalan dengan baik.
 Bahkan hampir setiap pelaksanaan PON selalu selalu muncul pemanah baru yang bisa merebut emas. Untuk PON XIX Jabar pemanah bintang mudanya adalah Bunga Armelia yang berhasil merebut emas nomor nasional perorangan putri setelah di babak final menaklukkan Suci Dwi asa Lampung dengan skor 6-4.
 Sedangkan lima emas lainnya direbut oleh Riau Ega Agata dari nomor recurve perorangan putra, Ika Yuliana dari nomor recurve perorangan putri, dan nomor recurve beregu putra dan putri. Satu emas Jatim lainnya dipersembahkan nomor compund beregu putra.
Selain berhasil mencetak atlet nasional, Perpani Jatim juga sudah menelurkan dua pemanah olimpiade yakni, Ika Yuliana dan Riau Ega Agata yang turun di Olimpiade Brasil. "Saya kagum dengan pola pembinaan panahan Jatim yang terus memunculkan atlet muda berbakat," Selain itu tim panahan juga terlihat kompak, para atlet, pelatih, manajer hingga beberapa orang tua atlet ikut memberikan dukungan kepada atet Jatm saat berlomba di Lapangan Panahan Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung. (her)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait