Jumat, 19 April 2024

Wagub : Pemprov Beri Bantuan Bagi Petugas TPS Ulang Pemilu 2019

Diunggah pada : 23 April 2019 9:36:17 2

Jatim Newsroom - Guna mempelancar proses pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) beberapa daerah di Jatim. Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak mengusulkan akan memberikan bantuan secara gotong royong kepada petugas di TPS yang PSU baik berupa makanan atau bantuan lainnya.

"Kita harus menghargai petugas, mereka yang berjuang untuk melakukan penyelenggaraan Pemilu. Bahkan ada yang tidak tidur, dan ada yang cerita ke saya sampai minum 11 cangkir kopi, lho. Jadi saya harap benar-benar dipertimbangkan untuk memutuskan proses di TPS itu dinilai tidak memenuhi syarat dan dilakukan PSU," kata Wagub Jatim, Emil ditemui di Surabaya, Selasa (23/4).

Tidak hanya itu, Emil Dardak juga meminta agar dalam PSU nanti petugas juga diberikan waktu istirahat yang cukup. Ia juga meminta agar proses perhitungan tidak dilakukan terburu-buru, dan petugasnya juga tidak dibuat gupuh.

Lebih lanjut Emil mengatakan, pihaknya optimistis pelaksanaan PSU di Jatim kalaupun nanti benar dilakukan akan berlangsung dengan lancar. Dan penyelenggara tidak perlu dibuat alergi untuk PSU serta harus menunjukkan keterbukaan.

Sebab, sejauh ini pihaknya sudah mengamati apa yang membuat para petugas sampai kelelahan di beberapa titik hingga menimbulkan petugas sakit dan bahkan hingga menelan korban jiwa.

"Namun sejauh ini kita belum menerima permintaan bantuan khusus tapi saya akan coba usulkan ke Bakesbangpol gimana kita bisa gotong royong. Misalnya membantu makanan untuk support ke beliau yang bertugas," tegasnya.

Saat ini ada sebanyak 8 TPS yang direkomendasikan PSU oleh Bawaslu Jatim. Yaitu di TPS 3 Desa Masalima Kecamatan Masalembu Sumenep, TPS 3 Desa Trapang Kecamatan Banyuates Sampang, TPS 6 Desa Madupat Kecamatan Camplong, Sampang,  TPS 9 Desa Rabesen Kecamatan Camplong Sampang, TPS 1 Desa Awang-Awang Mojosari, Kabupaten Mojokerto, TPS 7 Kelurahan Kranggan Kecamatan Kranggan Mojokerto, TPS 10 Desa Dahanrejo Kecamatan Kebomas Gresik, TPS 15 Desa Banyoning Laok Kecamatan Geger, Bangkalan. (pca/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait