Jumat, 29 Maret 2024

Ulama Madura dan Tapal Kuda Komitmen Jaga Kondusivitas Pilkada 2018

Diunggah pada : 31 Januari 2018 16:38:35 13
thumb

Jatim Newsroom - Menjaga keamanan dan kondusivitas wilayah selama pelaksanaan Pilkada 2018 menjadi tugas Polri dibantu TNI. Namun di Jawa Timur, para ulama juga mengikrarkan diri untuk ikut serta menjaga suasana aman, nyaman, dan kondusif selama pesta demokrasi digelar pada 27 Juni.

"Kami para Kyai dari Auma (Aliansi Ulama Madura, red) dan Autada (Aliansi Ulama Tapal Kuda, red) memiliki inisiatif bersama untuk ikut menjaga kedamaian dan ketentraman selama Pilkada. Kami bersama Kapolda Jatim dan Pangdam V Brawijaya akan sinergi sesuai tugas dan fungsi masing-masing," kata Sekretaris Auma, KH Fadholi M Ruham saat ditemui di Mapolda Jatim, Rabu (31/1).

Ia menegaskan, selama pelaksanaan Pilkada tidak boleh ada dampak negatif agar Jatim aman, tenteram, dan kondusif. "Sesuai fungsi masing-masing. Polisi jaga keamanan ketertiban. Ulama lewat amar makruf dan nahi mungkar. Lewat dakwah, pengajian, dan kelompok majelis taklim," tuturnya.

Di tahun politik ini, kyai pengasuh Ponpes Al Fudhola' tersebut mengimbau seluruh masyarakat tidak perlu bersitegang atau saling bermusuhan. "Jangan sampai terjadi dampak negatif apalagi sampai bermusuh-musuhan. Terlebih antar golongan dan antar partai," jelasnya.

Kyai Fadholi juga menekankan pada seluruh ulama dan umat Islam agar tetap mengedepankan akhlakul kharimah. Hal itu untuk menghindarkan pada perpecahan agar tercipta kesejahteraan dan keamanan yang tidak ada batasannya. (afr/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait