Selasa, 23 April 2024

Sosialisasi Pilgub Jatim, KPU Gelar Seni Budaya di Ngawi

Diunggah pada : 15 Maret 2018 15:37:21 11

Jatim Newsroom -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur terus melakukan berbagai cara sosialisasi pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2018 kepada masyarakat. Salah satu cara yang dilakukan yaitu menggelar strategi gelar seni budaya di wilayah Mataraman pada Jumat (16/3).

"Strategi gelar Seni budaya ini pertama dilakukan oleh KPU Jatim, dan  Gelar seni budaya ini mempertimbangkan pembagian wilayah kebudayaan yang ada di Jawa Timur," ujar Anggota KPU Jatim Divisi SDM dan Parmas, Gogot Cahyo Baskoro ditemui di KPU Jatim, Kamis (15/3).

Ia menjelaskan, beberapa Kabupaten/ Kota yang menjadi bagian dari wilayah budaya Mataraman antara lain, Ngawi, Magetan, Madiun, Pacitan, Nganjuk, Tulungagung, Trenggalek, Blitar, dan Kediri. Satu daerah yang dipilih KPU Jatim sebagai tempat gelar seni budaya Mataraman dalam rangka sosialisasi Pilgub Jatim 2018 yakni, Kabupaten Ngawi.

Ia menyampaikan, latar belakang gelar seni budaya dipilih menjadi salah satu strategi sosialisasi karena untuk meningkatkan kesuksesan dan meminimalisasi angka golput. “Kedua, membentuk karakter masyarakat yang peduli dan berpartisipasi, serta ketiga untuk meningkatkan antusiasme masyarakat terhadap Pilkada Serentak Tahun 2018,” ujarnya.

Perlu disampaikan pula, bahwa sosialisasi Pilgub Jatim 2018 dalam kemasan gelar seni budaya ini bukan semata-mata acara hura-hura kemewahan. “Namun lebih sebagai upaya nguri-nguri budaya bangsa. Selain itu, dengan kemasan seperti ini maka dapat dinikmati berbagai kalangan, dan memenuhi beberapa segmen usia masyarakat. Mulai dari usia TK sampai dengan dewasa. Sehingga dalam satu keluarga bisa menikmati acara dan menerima sosialisasi,” paparnya.

Ia menambahkan, gelar seni budaya Mataraman ini akan dilaksanakan di depan air mancur Paseban, Alun-alun Ngawi pada hari Jum’at, tanggal 16 Maret 2018, mulai jam 2 siang. Kegiatan ini dimeriahkan dengan musik campursari, tari orek-orek, dongkrek, silat, musik patrol, fashion show, drumband. Serta turut memeriahkan ada dari komunitas Pit Onthel, Reptil, Burung Hantu, Aeromodeling, Temon Holic, dan Ngawi Photography. (pca/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait