Jumat, 29 Maret 2024

Sosialisasi Pilgub Jatim, KPU Ajak Pemilih Pemula Berpatisipasi dan Tidak Golput

Diunggah pada : 19 Februari 2018 20:28:10 27

Jatim  Newsroom - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim terus melakukan sosialisasi pilgub Jatim 2018.  Kali ini, KPU Jatim melakukan sosialisasi ke pemilih pemula, Yaitu di SMK ST Louis Surabaya, Senin (19/2).

Komisioner KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro ditemui usai sosialisasi mengatakan, kegiatan ini  KPU Jatim mengajak para pemilih pemula agar tidak golput, melainkan menggunakan hak pilihnya pada pilgub Jatim. Sehingga para pemilih pemilu bisa berpartisipasi dalam pesta demokrasi lima tahunan ini. "Jangan golput, harus datang ke TPS untuk menggunakan hak pilih dalam pilgub yang akan digelar pada 27 Juni 2018," terang Gogot yang juga Divisi SDM dan Parmas KPU Jatim.

Menurut Gogot, pihaknya paham betul bahwa pemilih pemula mempunyai peran cukup signifikan dalam partisipasi di pilkada maupun di pemilu. KPU menetapkan pemilih pemula menjadi salah satu segmen prioritas bersama 10 segmen yang lain. Seperti pemilih pemuda, kelompok marjinal, warga internet dan disabilitas. Jika pemilih pemula ini sudah mempunyai kesadaran berpartisipasi dalam pemilu, maka akan menjadi lebih mudah tugas penyelenggara pemilu.

"Karena ketika awal mereka sudah menggunakan hak pilihnya, kecenderungan kedepan juga begitu. Jangan sampai ada informasi yang sifatnya menyesatkan atau propaganda dari pihak yang tidak bertanggung jawab seperti golput bagian dari pilihan," ujar Gogot mantan KPU Jember.

Ia menambahkan, pihaknya meminta pada anggota KPU Kabupaten/Kota beserta PPK supaya terjun ke sekolah sekolah untuk menjadi pembina upacara untuk mensosialisasikan pilkada dan pemilu. Ini merupakan langkah yang sepele tapi mengena."Saya kira langkah ini cukup efektif untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula," tandasnya.

Dalam sosialisasi tersebut juga ada simulasi bagaimana cara menggunakan hak pilih yang benar terhadap pemilih pemula. Dimana panitia menyiapkan contoh surat suara dan kotak suara. Lalu para pemilih pemula mencoblos surat suara dan dimasukkan dalam kotak suara.

Kegiatan KPU Jawa Timur menggandeng komunitas Wartawan Foto Surabaya tersebut diwarnai dengan pameran foto karya para wartawan yang memilih tema aktivitas pelaksanaan serta tahapan pemilihan umum serta pemilihan kepala daerah di Jawa Timur. Sebanyak 100 pelajar SMK Katolik St. Louis 2 Surabaya mengikuti sosialisasi yang untuk pertamakalinya digelar di sekolah yang berada dikawasan Jl. Tidar, Surabaya. (pca/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait