Kamis, 18 April 2024

Sosialisasi Pemilu, KPU Bojonegoro Datangi Sekolah dan Komunitas

Diunggah pada : 4 Januari 2019 15:41:22 53

Jatim Newsroom– Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bojonegoro berencana melakukan sosialisasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 dengan menerapkan pola jemput bola dengan mendatangi sekolah dan komunitas. Sasaran utama yang menjadi objek sosialisasi adalah pemilih pemula, perempuan dan penyandang disabilitas.

“Prinsipnya, KPU dalam sosialisasi mengajak pemilih pemula, pemilih perempuan dan juga disabilitas untuk menggunakan hak pilihnya pada pemilu dan pilpres yang pelaksanaan coblosannya 17 April 2019,” tutur Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Bojonegoro, Mustofirin, Jumat, (4/1).

Ia menjelaskan pada 28 Februari akan membentuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di 4.571 tempat pemungutan suara (TPS). “Di masing-masing TPS ada tujuh petugas KPPS. Harapan kami seluruh tahapan Pemilu bisa berjalan lancar,” terangnya.

Menurutnya, tugas dan tanggung jawab petugas KPPS pada Pemilu 2019 lebih berat dibandingkan dengan Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada), sebab ada lima kertas suara yang harus diperhitungkan, yaitu perolehan suara DPRD kabupaten, provinsi, DPR RI, DPD, dan suara pemilihan presiden.

KPU Kabupaten Bojonegoro mencatat jumlah pemilih dalam DPT untuk Pemilu 2019 sebanyak 1.041.866 orang. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan dengan DPT hasil perbaikan sebelumnya sebanyak 1.040.383 orang. (luk/s)

 

 

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait