Sabtu, 20 April 2024

Sinkronkan Anggaran Pilkada Serentak 2020, KPU Gelar Rakor 19 Kab/Kota

Diunggah pada : 18 Juli 2019 15:28:47 7

Jatim Newsroom - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur terus melakukan persiapan pelaksanaan dan sinkronisasi pilkada serentak 2020. Salah satunya menggelar Rapat koordinasi (Rakor) dengan 19 KPU kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada serentak 2020.

Ketua KPU Jatim, Choirul Anam dikonfirmasi disela - sela Rakor di Kediri, Kamis (18/7) mengatakan Rakor ini penting dilakukan untuk mensinkronkan mulai penyusunan program, anggaran, tahapan, serta jadwal pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2020 di 19 Kab/Kota di Jawa Timur.

"Adanya rakor ini akan diketahui mana yang sekiranya tidak penting, mana yang sekiranya tidak sesuai dengan perundangan, setiap tahapan sudah tersedia penganggarannya apa belum, semua tahapannya sudah dimasukkan apa belum,”tegas Cak Anam sapaan akrabnya Choirul Anam ini.

Bahkan pihaknya menyampaikan, yang lebih penting pada kesempatan ini akan dilakukan review bersama terhadap rencana penganggaran yang telah disusun tiap KPU Kab/kota. Sehingga semua Komisioner Kab/Kota memahami perencanaan dan penganggaran, baik itu perencanaan strategisnya maupun operasionalnya.

Maka itu, ia berharap pula dalam rakor 3 hari mulai Selasa - Kamis ini bisa menuntaskan penyusunan perencanaan program dan anggaran pilkada serentak 2020. “Kalau ada yang mau ditanyakan silahkan disampaikan dan ditanyakan dalam rakor ini. Jangan sungkan dan jangan segan. Agar Pilkada 2020 bisa berjalan sukses dan lancar. Sekretaris Kabupaten/Kota Kami minta juga dapat memfasilitasi sebaik mungkin. Saling bersinergi dengan Komisioner untuk mengawal Pilkada, agar bisa sukses,”ujarnya.

Anam berpesan kepada masyarakat untuk aktif berpartisipasi menjadi petugas hingga aktif menggunakan hak pilihnya. "Untuk masyarakat saya kira proses kontestasi pilkada sini kegiatan rutin untuk menjaring pemimpin di daerah masing-masing. Harapannya masyarakat bisa ikut aktif baik sebagai penyelenggara maupun menjadi pemilih yang cerdas. Artinya tidak perlu melakukan gerakan yang tidak produktif. Jadi kita sambut pilkada ini dengan damai apalagi Jatim selaku mengutamakan guyub rukun," harapnya.

19 kabupaten/kota di Jatim yang menggelar Pilkada Serentak 2020 masing-masing adalah Sumenep, Trenggalek, Surabaya, Banyuwangi, dan Kabupaten Blitar. Lalu Kota Blitar, Kabupaten Malang, Ngawi, Kabupaten Mojokerto, Kota Pasuruan, Tuban.Kemudian Lamongan, Ponorogo, Pacitan, Sidoarjo, Jember, Situbondo, Gresik, dan Kabupaten Kediri.(pca/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait