Jumat, 19 April 2024

Rapim, TNI Polri Fokus Pengamanan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019

Diunggah pada : 23 Januari 2018 15:18:25 3
thumb

Jatim Newsroom – Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memimpin rapat pimpinan (Rapim) TNI Polri dalam rangka koordinasi pengamanan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019. Dalam rapim, Panglima TNI berharap agara pesta demokrasi tersebut berjalan dengan sukses dan lancar atas semangat kerjasama dan sinergitas TNI Polri.

“Pilkada bisa sukses jika kerjesama dan sinergitas TNI Polri bagus. Untuk itu, antisipasi gangguan-gangguan kamtibmas menjelang pilkada 2018 ini harus dilakukan serius. Dengan begitu, Indonesia bisa aman dan kondusif demi tegaknya kedaulatan nasional,” tegas Marsekal Hadi melalui pers rilis diterima JNR, Selasa (23/1).

Koordinasi melalui rapim tersebut mengambil tema, Dilandasi dengan Sinergitas, Soliditas dan Profesionalitas, TNI Pori siap mengamankan Pilkada Serentak 2018 dan tahapan Pemilu 2019. Acara berlangsung di Markas Besar TNI Cilangkap Jakarta.

Hadir dalam giat tersebut, yakni KASAD Jenderal TNI Mulyono, KASAL Laksamana TNI Ade Supandi, KASAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna, dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian. Dalam rapim tersebut, Kapolri juga meminta anggota Polri netral dan fokus pada proses pengamanan di Pilkada Serentak 2018.

Untuk meyakinkan Polri netral, pihaknya akan mengaktifkan atau melakukan pengawasan dengan menerjunkan tim Propam dan Inspektorat. “Propam dan Inspektorat akan diterjunkan untuk memastikan dan meyakinkan bahwa anggota Polri netral,” ujar Tito.  

Soal netralitas ini, jenderal bintang empat ini akan menyampaikan secara berjenjang dari jajaran atas hingga bawah. “Saya sudah sampaikan pada beberapa kali kesempatan bahwa Polri harus netral, tidak boleh memihak apalagi menjadi tim sukses,” tandasnya. (afr/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait