Sabtu, 20 April 2024

Pilgub Jatim, Sembilan Lembaga Survei Mendaftar Ke KPU

Diunggah pada : 4 Juni 2018 13:08:02 69

Jatim Newsroom - Menjelang pelaksanaan pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2018 yang kurang 22 hari lagi, saat ini sudah ada sembilan lembaga survei yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur

Anggota KPU Jatim, Choirul Anam dikonfirmasi di Kantor KPU Jatim, Senin (4/6) mengatakan, sembilan lembaga survei yang sudah mendaftar yakni Indo Barometer, Inews dan Prakata Institute, ketiganya sudah menjalani proses akreditasi. Sedangkan Kompas Media Nusantara, Voxpoll, Polmark, Saiful Munjadi Research and Consultan (SMRC), Indikator dan JIP masih menjalani proses akreditasi. “Sampai saat ini sudah ada sebanyak sembilan lembaga survei yang mendaftar, sebagian sudah diproses dan sebagian menjalani proses,” ujar Anam mantan anggota KPU Surabaya.

Anam menambahkan, beberapa lembaga survei yang masih menjalani proses akreditasi akan segera dirampungkan. Persyaratan yang sudah dikumpulkan berdasar aturan, juga masih akan dikoreksi satu per satu dan secara teliti sebelum nantinya dinyatakan lolos dan berhak melakukan survei dalam pelaksanaan Pilgub Jawa Timur. “Proses pemeriksaan berkas juga masih berlangsung, masih ada beberapa lembaga survei yang perlu kami koreksi terutama terkait syarat-syarat yang harus dikumpulkan,” ujarnya.

Seperti diketahui, Pilkada Jatim untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2019-2024 diikuti dua pasangan calon, yakni Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dengan nomor urut 1, dan Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno nomor urut 2. Pasangan nomor 1 merupakan calon dari koalisi Partai Demokrat, Golkar, PAN, PPP, Hanura dan NasDem, sedangkan pasangan nomor 2 adalah calon dari gabungan PKB, PDI Perjuangan, PKS serta Gerindra.  (pca/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait