Kamis, 25 April 2024

Lanjutkan Kampanye, Khofifah Janji Bangun Infrastruktur dan Gus Ipul Janji Perbanyak Pengusaha Wanita

Diunggah pada : 28 Februari 2018 7:41:08 12

Jatim Newsroom – Kampanye Calon Gubernur Jawa Timur 2018 kembali berlanjut dan menyampaikan visi misinya. Kali ini, cagub nomor urut satu, Khofifah Indar Parawansa berjanji akan memprioritaskan pembangunan infrastruktur Pasar Tanah Merah Bangkalan. Sedangkan cagub nomor urut dua, Saifullah Yusuf berjanji akan memperbanyak pengusaha dari kalangan wanita.

Saat menjadi pembicara HUT Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) di Tuban, Selasa (27/2) Gus Ipul mengatakan, jumlah pengusaha dari kaum hawa harus diperbanyak karena wanita memiliki peran yang besar dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Jatim. Ini penting, karena kontribusi UMKM terhadap pendapatan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jatim mencapai 54 persen. Di tengah kondisi krisis ekonomi yang masih bergejolak, kondisi ekonomi Jatim terbilang masih kondusif karena ditopang UMKM. "Sektor UMKM hingga saat ini masih menopang lebih dari separuh perekonomian Jatim. Dengan kontribusi mencapai 54 persen pada Produk Domestik Regional Bruto (PDRB, red) Jatim," katanya.

Selain itu, Gus Ipul juga berkesempatan melihat produk UMKM binaan IWAPI. Yakni kripik tempe dan tahu merek Eyang Marko yang ekspor ke Amerika. Tentu ini sangat membanggakan. Jika kripik tempe dan tahu saja bisa ekspor, tentu produk yang lain bisa ekspor juga. 

Gus Ipul mengingatkan, ada dua hal yang perlu diperhatikan menghadapi pasar saat ini. Pertama, perlu adanya kajian yang detail tentang bagaimana keadaan pasar saat ini. Kedua, pengusaha didorong untuk menciptakan produk dan inovasi sebagaimana yang diminta dan dibutuhkan oleh pasar.

Sementara itu, Khofifah saat menyambangi Pasar Tanah Merah di Bangkalan, Sabtu Sabtu (24/2), ia berjanji akan membangun infrastruktur, supaya penjual dan pembeli lebih nyaman. Kondisi pasar hewan di Tanah Merah ini memang kurang layak, sepanjang jalan pasar di lorong-lorong kondisinya becek, berlumpur dan tergenang air hujan. 

Usai berkeliling Pasar Tanah Merah, Khofifah mengaku permasalahan besar pasar ini memang adalah infrastruktur dan komoditas pasar hewannya adalah salah satu andalan di Jawa Timur. "Pasar sapi di Tanah Merah ini sangat terkenal, ini salah satu andalan di Jawa Timur. Setelah tadi kita melihat, fokus utamanya adalah infrastruktur, supaya penjual dan pembeli lebih nyaman. Saya rasa ini tidak mahal. Saya akan jadikan perbaikan infrastruktur di Pasar Tanah Merah ini sebagai prioritas dari pembangunan infrastruktur di Madura," kata Khofifah. (hjr, jal/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait