KPU Pamekasan Mulai Verifikasi Faktual Bakal Calon DPD RI

PILKADA JAWA TIMUR | 08 Jun 2018 01:58:15 PM

KPU Pamekasan Mulai Verifikasi Faktual Bakal Calon DPD RI

Foto : Istimewa

Jatim Newsroom- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan mulai melakukan verifikasi faktual terhadap bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) untuk Pemilu 2019. Verifikasi faktual penting dilakukan untuk mencocokkan berkas dukungan bakal calon yang telah diterima ke KPU Pamekasan.

“Berkas dukungan itu disampaikan ke KPU Jawa Timur, lalu oleh KPU Jatim disampaikan kepada kami di KPU Pamekasan. Proses verifikasi terus berlangsung hingga hari ini karena jumlahnya sangat banyak,” terang Ketua KPU Kabupaten Pamekasan, Moh Hamzah, Jumat, (8/6).

Ia menuturkan jumlah total bakal calon DPD yang mengajukan berkas dukungan ke KPU Jatim dan kini mulai dilakukan verifikasi faktual itu sebanyak 23 orang dan mereka tersebar di sejumlah kecamatan di Pamekasan.

Verifikasi, sambung Hamzah, dilakukan dengan mendatangi secara langsung, nama-nama yang dicantumkan sebagai pendukung pada berkas dukungan yang diajukan bakal calon tersebut. “Jadi kami melakukan pengecekan, apakah nama-nama itu benar atau tidak. Yang jelas semuanya harus valid,” ujarnya.

Hamzah menegaskan, apabila warga yang namanya tercantum, namun merasa tidak memberikan dukungan pada calon tersebut, maka petugas akan langsung mencoret dukungan yang bersangkutan. “Verifikasi sudah kami lakukan sejak beberapa hari lalu dan hingga saat ini masih berlangsung, karena jumlahnya banyak,” tandasnya. (luk/s)

Views 534

 

 

Web Statistic