Jumat, 29 Maret 2024

KPU Kota Malang Sebut 48 Persen Pemilih dari Generasi Milenial

Diunggah pada : 8 Februari 2018 5:55:55 17
thumb

Jatim Newsroom- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang menyebut sebanyak 48 persen dari sekitar 660 ribu pemilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Malang yang digelar serentak pada 27 Juni mendatang adalah generasi milenial.

"Kalau parameternya adalah generasi, calon pemilih dalam Pilkada Kota Malang Juni nanti 48 persen adalah generasi milenial, generasi old masih tetap mendominasi, yakni lebih dari 50 persen dan selebihnya adalah pemilih disabilitas,” kata Ketua KPU Kota Malang Zaenuddin 

Berdasarkan kelompok umur, sambungnya, 7,5 persen pemilih berusia 17 tahun pada Juni 2018, 27 persen calon pemilih belum menikah, 62 persen lain sudah pernah kawin, sedangkan 9,51 persen atau sekitar 95 ribu jiwa berstatus janda atau duda.

“Data ini masih bersifat sementara karena coklit (pencocokan dan penelitian) masih berlangsung. Namun, dari data itu, kami targetkan partisipasi pemilih yang menyalurkan hak politiknya minimal 70 persen dari daftar pemilih tetap (DPT,” terangnya.

Ia berharap, generasi muda lebih banyak berperan dalam menyukseskan Pilkada Kota Malang, termasuk terlibat dalam sistem pemilihan, seperti menjadi relawan atau memantau proses pelaksanaan pilkada. Menurutnya, pilkada bukan hanya sekadar ritual, generasi muda harus berani masuk dalam sistem agar ada perubahan.

Zaenuddin menjelaskan jika generasi muda hanya berteriak di luar sistem, hal itu tidak akan mengubah keadaan. “Kalau generasi milenial ini hanya berteriak di luar dan tidak masuk dalam sistem, saya yakin anak-anak muda ini tidak akan mengubah apapun, termasuk keadaan,” tandasnya. (prim)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait