Rabu, 24 April 2024

KPU Jatim Pastikan Logistik Aman Dari Bencana Banjir

Diunggah pada : 18 Maret 2019 11:27:25 5

Jatim Newsroom -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim memastikan logistik pemlihan umum (pemilu) 2019  yang sudah didistribusikan dalam kondisi aman dari ancaman bencana banjir di 15 Kabupaten di Jawa Timur. Bahkan  KPU menyebutkan bahwa sudah 80 persen logistik yang terdistribusi ke seluruh Jatim.

"Sejauh ini tidak ada laporan dari KPU sejumlah daerah yang terendam banjir. Jauh - jauh hari kami sudah melakukan antisipasi dengan menyimpan logistik di tempat khusus seperti gudang yang aman dari kebakaran maupun bencana lainnya," ujar Komisioner KPU Jatim Divisi Perencanaan dan Logistik, Miftahur Rozak dikonfirmasi di kantor KPU Jatim, Senin (18/3).

Rozak mengatakan dari 5 surat suara yang ada, saat ini yang sudah terdistribusi masih 3 hingga 4 suara. Sisanya menurutnya masih dalam proses di percetakan. Ia memastikan pertengahan Maret sudah terdistribusi semua. "Maka dari itu untuk KPU Kabupaten maupun Kota jika ada surat suara atau sampul yang rusak harus segera melapor kepada kami. Sehingga tidak ada kendala pada hari H," imbaunya.

"Tapi karena surat suara ini pengadaannya se Indonesia jadi apa yang sudah terkirim sebaiknya dilakukan sortir dan pelipatan. Jadi tidak perlu menunggu lengkap terlebih dulu. Sedangkan untuk kotak dan bilik 100 persen sudah lengkap dan tidak ada masalah," imbuhnya.

Saat ditanya apakah ada upaya mengantisipasi menghadapi bencana saat pencoblosan, Rozak menegaskan enggan berandai-andai. Ia tidak mau memastikan apakah akan dilakukan penundaan atau memajukan jadwal pencoblosan. "Menurutnya jika itu terjadi, KPU Jatim akan meminta solusi kepada KPU pusat dan stake holder yang ada," pungkasnya. (pca)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait