Jumat, 26 April 2024

KPU Jatim : Hingga Saat Ini Belum Ada Yang Daftar Menjadi Anggota DPD

Diunggah pada : 25 April 2018 15:43:04 6

Jatim Newsroom - Pendaftaran Calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI atau anggota senator yang dibuka oleh Komisi Pemilhan Umum (KPU) se Indonesia, mulai 22 - 26 April. Hingga Rabu (25/4), belum ada yang mendaftar menjadi anggota DPD RI dari Jatim di kantor KPU Jatim.

Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito dikonfirmasi di kantor KPU Jatim, Rabu (25/4) mengatakan, sejak pendaftaran calon anggota DPD RI dibuka pada 22 April, pihaknya belum menerima laporan siapa saja yang sudah resmi mendaftar dan melengkapi berkas persyaratan pendaftaran. 

“Yang sudah konsultasi ke KPU Jatim ada sekitar 46 orang untuk minta user aplikasi pendaftaran. Tapi yang resmi sudah tercatat mendaftar ke KPU Jatim belum ada sama sekali. Pasalnya, berkas yang mereka bawa belum lengkap sehingga KPU Jatim belum bisa memberikan surat tanda terima pendaftaran,” ujar Eko Sasmito mantan ketua KPU Surabaya ini.

Berdasarkan ketentuan KPU, calon senator yang mendaftar harus menyertakan bukti dukungan disertai foto copy KTP sebanyak 5 ribu orang yang tersebar minimal di 50 persen kabupaten/kota di Jatim atau 19 kabupaten/kota. “Pendaftaran di kantor KPU Jatim dibuka mulai pagi hingga pukul 16.00 WIB hingga tanggal 25 April 2018. Sedangkan khusus tanggal 26 April dibuka hingga pukul 24.00 WIB,” paparnya

Jatah anggota DPD RI asal Jatim pada Pileg 2019 mendatang, lanjut Eko Sasmito tidak berubah yaitu 4 orang. Kalau melihat jumlah calon senator asal Jatim pada setiap gelaran pemilihan umum, rata-rata kisaran 40-an orang. “Untuk bisa jadi atau terpilih sebagai anggota DPD RI asal Jatim periode 2019-2024, saya kira perolehan suaranya harus diatas 1,5 juta,” pungkasnya. (pca/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait