Jumat, 29 Maret 2024

KPU Jatim Gelar Kampanye Damai Peserta Pemilu 2019

Diunggah pada : 20 September 2018 16:16:27 1

Jatim Newsroom - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur akan menggelar kampanye damai peserta Pemilu 2019 pada Minggu (23/9) dilaksanakan di Kantor KPU Jatim.

Anggota KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro ditemui usai rapat koordinasi pembahasan kampanye damai di KPU Jatim, Kamis (20/9) mengatakan, deklarasi kampanye damai ini sekaligus sebagai tanda dimulainya kampanye pemilu 2019 di Jatim. Dimana jadwal kampanye mulai 23 September 2018 - 13 April 2019.

Dijelaskannya,  turut hadir dalam kampanye damai, yaitu KPU RI, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, hingga stakeholder lain. Mulai dari Gubernur, Wakil Gubernur, DPRD, hingga jajaran TNI dan Polri.  Melalui sistem parade, deklarasi ini juga akan diikuti oleh perwakilan 16 partai politik, termasuk tim sukses calon presiden dan wakil presiden. "Kami sekadar memfasilitasi peserta pemilu. Tentu harapannya, melalui acara ini akan sekaligus mengawali gelaran kampanye yang damai," kata Gogot.

Dalam kampanye damai ini akan secara parade budaya, para peserta deklarasi akan mengenakan pakaian kebesaran adat lokal, maupun secara nasional. Dan peserta diharapkan tidak membawa speker, yang ada hanya speker atau salon dari pihak KPU Jatim. Oleh karena itu, pihaknya berharap bahwa masa kampanye yang dinilai sebagai masa krusial bisa kondusif, aman, damai, guyub, dan rukun, sebagaimana pilgub Jatim lalu. "Gelaran tersebut sekaligus sebagai tindak lanjut dari edaran KPU pusat," ujarnya.

Sementara itu Komisioner Bawaslu Jatim, Aang Kunaifi mengatakan bahwa besar harapannya deklarasi kampanye damai bisa menjadi acuan kampanye tak melanggar PKPU yang ada. Di antaranya, penggunaan isu SARA di kampanye.  "Kampanye damai yang terlaksana di pemilu lalu bisa menjadi contoh dan acuan penyelenggaran kampanye untuk pemilu 2019 mendatang,"ujarnya. (pca/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait