Jumat, 29 Maret 2024

KPU Ajak Petani Tidak Golput di Pilgub Jatim 2018

Diunggah pada : 22 Februari 2018 10:33:40 1

Jatim Newsroom - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim kembali terus melakukan sosialisasi pelaksanaan Pilgub Jatim 2018. Kali ini, dengan menggandeng DPD Pemuda Tani Indonesia dengan mengajak petani di wilayah Brondong Lamongan untuk tidak golput di Pemilihan Cagub - Cawagub Jatim pada 27 Juni.

Dalam sosialisasi ke petani, Rabu (21/2) malam, KPU Jatim diwakili oleh Gogot Cahyo Baskoro, Tripitono Adi Prabowo (Dosen Universitas Trunojoyo Madura) dan Durrul Izza Alfatawi (Ketua DPD Pemuda Tani Indonesia Jatim). Selaku moderator, Ahmad Gufron Yani dari perwakilan petani setempat.

Divisi SDM dan Parmas KPU Provinsi Jatim, Gogot Cahyo Baskoro dikonfirmasi, Kamis (22/2) menekankan akan partisipasi aktif dalam tahapan Pilgub Jatim 2018. Terlebih, untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) menggunakan hak pilihnya.

Petani diminta untuk tidak golput, karena menurutnya akan mengalami kerugian kalau petani sampai golput. Gogot menilai, sudah saatnya petani menentukan pilihan dari dua pasangan calon yang ada, untuk dipilih sesuai dengan keyakinan masing-masing. Tentu, jangan sampai ada selisih pendapat yang mengarah pada konflik karena beda pilihan dalam Pilgub Jatim. “Pilkada termasuk Pilgub Jatim ini pesta demokrasi, sehingga harus dilalui dengan riang gembira. Jangan sampai tukaran dan gontok-gontokan,” ujarnya. 

Sementara itu, Ketua DPD Pemuda Tani Indonesia Jatim, Durrul Izza Alfatawi menekankan beberapa alasan kenapa petani di seluruh Jatim, termasuk di Desa Sumberharjo Kecamatan Brondong Lamongan harus memilih dan menggunakan hak pilihnya. Dalam Pilgub Jatim 2018.

Menurutnya, sektor pertanian memiliki peran yang sangat penting dan menentukan dalam persoalan pangan maupun ekonomi. Kedua, potensi dukungan politik yang bisa didapatkan dari mereka yang secara struktural banyak dan sangat besar menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian. “Jadi petani sangat memiliki peran strategis dalam Pilkada, jadi silahkan gunakan hak pilih dan jangan sampai memilih Golput,”ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, KPU Jatim juga melakukan sosialisasi Pilgub Jatim ke pemilih pemula, yaitu di SMK ST Louis Surabaya, Jatim, Senin (19/2). Komisioner KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro mengatakan, kegiatan ini  KPU Jatim mengajak para pemilih pemula agar tidak golput, melainkan menggunakan hak pilihnya pada pilgub Jatim, sehingga para pemilih pemilu bisa berpartisipasi dalam pesta demokrasi lima tahunan ini. (pca/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait