Kamis, 25 April 2024

KPU : Ada Tujuh Kabupaten/Kota Belum Dilakukan Rekapitulasi Pemilu 2019

Diunggah pada : 9 Mei 2019 15:45:15 12

Jatim Newsroom - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menyatakan saat ini tinggal tujuh kabupaten/kota yang belum dilakukan penghitungan rekapitulasi pemilu 2019 di tingkat provinsi.

Anggota KPU Jatim, Nurul Amalia ditemui di sela - sela rekapitulasi di Surabaya, Kamis (9/5) mengatakan, sebanyak 31 dari total 38 kabupaten/kota di Jawa Timur yang sudah melaporkan rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 di tingkat provinsi sampai Kamis (9/5). "Target sisa 7 kabupaten/kota yang belum presentasi bisa selesai semua hari ini. diantaranya Malang Kabupaten, Malang Kota, Kota Surabaya dan Madura Raya," ujar Nurul.

Ia menjelaskan, target selesai bisa tercapai asalkan tidak ada kendala yang berarti. Selama penghitungan suara di tingkat kabupaten/kota berjalan dengan baik, sesuai prosedur, tidak ada yang dilanggar dan jika ada kesalahan segera dibetulkan proses laporan di tingkat provinsi akan berjalan lancar.

Selama proses pelaporan penghitungan suara di tingkat provinsi, kata Nurul, perdebatan yang paling banyak ditemui adalah terkait data pemilih yang kurang singkron. "Beberapa ada yang direkom Bawaslu kalau data pemilih tidak singkron. Tapi kami melihat sejauh ini di tingkat kabupaten/kota sudah melaksanakan dengan baik sesuai prosedur. Jika ada yang selisih data pemilihnya akan diberi ruang untuk mencermati bareng, duduk bareng. Akan kami minta ke forum yang lain untuk membetulkan yang tidak singkron. Tapi tidak sekadar mengganti angka, harus mengetahui salahnya dimana dan penyebabnya apa," ujarnya.

Jika ada laporan kecurangan, pihaknya akan menerima laporan. Jika pelapor punya bukti, maka KPU tidak akan mentolerir sedikitpun karena KPU tidak ingin ada yang bermain. "Kami optimis rekapitulasi tingkat provinsi akan selesai sesuai target dan akan diserahkan ke KPU Pusat juga sesuai target," pungkasnya. (pca/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait