Sabtu, 20 April 2024

Khofifah Temui Pengusaha, Gus Ipul Takziah ke Ra Lilur

Diunggah pada : 11 April 2018 23:02:08 2

Jatim Newsroom - Usai melaksanakan debat publik putaran satu, cagub Jatim kembali turun lapangan. Kini, Khofifah bertemu pengusaha di Sidoarjo, sementara Gus Ipul takziyah ke rumah duka meninggalnya Kiai Kholilurrahman "Ra Lilur" di kompleks pesantren Syaichona Kholil, Bangkalan.

Cagub Jawa Timur nomor urut 1, Khofifah Indar Parawansa mengadakan bincang-bincang santai dengan Forum Komunikasi Asosiasi (Forkas) Jawa Timur. Dalam kesempatan tersebut, Khofifah mengatakan dirinya berharap para pengusaha bisa ikut serta membangun Jawa Timur. Ia ingin para pengusaha mau memindahkan sentra industri mereka ke desa. Hal tersebut guna mengurangi kesenjangan kesejahteraan antara desa dan kota. Apalagi, lanjut Khofifah, kemiskinan di Jawa Timur adalah yang paling tinggi di Indonesia.

"Saya sampaikan, pengusaha harus buat sentra industri di desa. Supaya akan ada makna untuk sentra Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Ketimpangan akan tetap muncul kalau di desa tidak ada perusahaan," kata Khofifah di depan puluhan pengusaha, Rabu (11/4).

Ia mengatakan, pembangunan kawasan utara dan kawasan selatan menjadi prioritasnya dalam membangun Jawa Timur. Karena itu, Khofifah akan mempercepat pembangunan beberapa jalan lingkar selatan Jawa Timur bila terpilih sebagai Gubernur Jawa Timur 2018-2023.

Sementara itu, calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Saifullah Yusuf (Gus Ipul) takziyah ke rumah duka meninggalnya Kiai Kholilurrahman "Ra Lilur" di kompleks pesantren Syaichona Kholil, Bangkalan, Rabu (11/4). Ra Lilur adalah cicit Syaikhona Kholil Bangkalan. Kiai karismatik asal Desa Banjar, Bangkalan ini adalah Putra dari KH. Ahmad Tamyiz dan Ny. Romlah. 

Saat jenazah diberangkatkan, Gus Ipul juga ikut mengangkat keranda jenazah bersama belasan keluarga dekat almarhum. Ra Lilur dikenal sebagian masyarakat sebagai seorang waliyullahjadzab, seorang wali yang menjauhi dunia. Tidak seperti kebanyakan kiai lainnya, Ra Lilur lebih sering mengenakan kaos dalam dan celana pendek dengan mengenakan kopiah. Meskipun dalam keadaan menerima tamu.

Gus Ipul mengatakan, dirinya beberapa kali bertemu dengan Ra Lulur. "Terakhir bertemu, beliau memberikan doa agar saya selalu kuat memegang amanah," ujarnya. (Jal,hjr/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait