Sabtu, 20 April 2024

Khofifah Kunjungi Kampung Nelayan Tlontorajah, Gus Ipul Hadiri Haul Akbar Pesantren Genggong

Diunggah pada : 8 Maret 2018 8:22:06 1

Jatim Newsroom – Kampanye berlanjut. Calon Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa melanjutkan kampanye dengan mengunjungi Kampung Nelayan Tlontorajah Pamekasan, sedangkan Calon Gubernur Jatim Saifullah Yusuf menghadiri Haul Akbar KHM Damanhuri Romli di Pesantren Genggong Problolinggo.

Kampung nelayan yang memiliki industri perahu tradisonal itu disambangi Khofifah, Rabu (7/3). Nelayan yang tengah sibuk memperbaiki kapal tersebut diajak dialog oleh Khofifah untuk navigasi program nawa bhakti satya yang mereka usung.  Menurut Khofifah, industri kapal di Tlontorajah cukup menarik dan menjadi kekayaan budaya, namun semuanya masih dikerjakan secara manual. 

"Saya rasa di sini butuh intervensi teknologi perkapalan. Meski sederhana tidak masalah asalkan para nelayan di sini bisa mudah mengaksesnya. Karena semuanya dikerjakan manual dan by feeling," ucap Khofifah. 

Ada salah satu kapal yang sedang diperbaiki lantaran ada ke rusakan. Lantaran manual, satu kapal perbaikannya bisa lebih dari satu pekan. Tergantung dari kerusakan dan proses perbaikannya. Karena itu, diperlukan alat teknologi yang menjadi indikator kapal.

            Sementara itu, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) turut hadir pada acara Haul Akbar KHM Damanhuri Romli, Selasa (6/3) malam. di Pondok Pesantren Zainul Hasan, Genggong Probolinggo, Gus Ipul mengatakan haul para ulama adalah salah satu acara yang rutin ia datangi tiap tahunnya. Majelis Haul itu sekaligus sebagai instrumen pemersatu bangsa serta para jemaah bisa saling sapa, menjaga solidaritas, saling peduli, dan ini menjadi energi membangun kebersamaan ketika nanti pulang ke tempat masing-masing.

"Majelis menjadi seruan, ayo mondok sampai rabi. Ayo ngaji sampai mati. Artinya menuntut ilmu di pesantren bisa dilakukan sampai menemukan jodoh, namun untuk mengaji agama harus dilakukan hingga meninggal. Satu di antara cara mengaji agama itu adalah melalui Haul ini," urainya. (jal, hjr/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait