Kamis, 25 April 2024

Kapolda Minta Ulama Ajak Masyarakat Ikut Nyoblos dalam Pilkada 2018

Diunggah pada : 31 Januari 2018 16:40:24 6
thumb

Jatim Newsroom - Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin menjelaskan, salah satu tolok ukur kesuksesan pelaksanaan Pilkada adalah banyaknya tingkat partisipasi masyarakat menggunakan hak suara. Untuk itu, Kapolda meminta pada para ulama di Jawa Timur agar bisa membantu mengajak masyarakat ikut nyoblos atau gunakan hak suara pada 27 Juni 2018.

"Kyai dam ulama ini kan santrinya sangat banyak. Kami berharap ulama bisa tetap berpartisipasi ajak masyarakat ikut Pilkada karena partisipasi masyarakat jadi tolok ukur suksesnya Pilkada," kata Kapolda saat ditemui, Rabu (31/1).

Ia menambahkan, peran ulama sangat penting dan strategis. "Kyai bisa mengimbau para santri agar tidak terprovokasi dan terlibat permusuhan dan perpecahan. Ini yang harus dihindari," ujarnya.

Menurutnya, kyai yang punya ponpes dan santri bisa ikut bantu aparat keamanan jaga kondusivitas wilayah. Saat ini, para Kyai yang sudah berkomitmen ikut jaga kondusivitas Jatim yakni dari Auma (Aliansi Ulama Madura) dan Autada (Aliansi Ulama Tapal Kuda).

“Auma dan Autada sudah komitmen maka 50 persen Jatim sudah aman. Sedangkan 50 persen lainnya menjadi tanggung jawab aparat keamanan baik Polri dan TNI. Kita tidak boleh under estimated (berprasangka) karena pengamanan tetap kami lakukan all out (semaksimal mungkin)," tukasnya. (afr/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait