Rabu, 24 April 2024

Kampanye Dimulai, KPU Jatim Imbau Paslon Melakukan Secara Tertib

Diunggah pada : 15 Februari 2018 12:52:12 2

Jatim Newsroom -Penetepan dan pengambilan nomor urut sudah dilakukan oleh Pasangan Calon (Paslon) Pilgub Jatim 2018. Saat ini, Kampanye untuk gelaran Pilgub Jatim 2018 sudah dimulai, Kamis (15/2). KPU Jatim mengimbau Cagub – Cawagub Jatim melakukan kampanye secara tertib, tidak melakukan kampanye hitam, serta tidak menyebar isu SARA.

Komisioner KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro dikonfirmasi di KPU Jatim, Kamis (15/2) mengatakan, sesuai aturan KPU dan tahapan Pilgub Jatim masa kampanye akan berlangsung dari 15 Februari hingga 23 Juni 2018. Oleh Karena itu, KPU Jatim berharap kepada Cagub dan Cawagub benar benar memanfaatkan waktu kampanye selama 119 hari ini. "Silahkan sampaikan visi dan misi kepada masyarakat Jatim, hindari kampanye kampanye hitam," ujarnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada Cagub dan Cawagub Jatim yang akan melakukan laporan pelaksanaan kampanyenya kepada pihak kepolisian dan KPU Jatim. Hal ini dilakukan agar pelaksanaan kampanye dapat terpantau dan terselenggara dengan aman dan damai. "Meski saat ini belum melaporkan ke KPU Jatim soal jadwal kampanye, tapi KPU Jatim mempersilahkan pelaksaan kampanye dapat dilakukan sesuai jadwal," ujarnya.

Terkait pelaksanaan Kampanye Damai oleh KPU, ia mengatakan untuk Deklarasi Kampanye Damai Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018, yang akan digelar Minggu (18/2).Awalnya direncanakan di Taman Bungkul Jalan Raya Darmo Surabaya, Kamis (15/2) akhirnya berubah tempat di Maspion Square Jalan Ahmad Yani Surabaya, Minggu (18/2). Perubahan terjadi karena tempat yang semula, tidak bisa dipakai karena di waktu yang bersamaan ada kegiatan dari pihak lain.

Konsep Deklarasi Kampanye Damai Pilgub Jatim selain mengundang kedua cagub cawagub dan pendukungnya, KPU Jatim juga mengundang Forkopimda Jatim, tokoh masyarakat, pemuda dan elemen mahasiswa yang ada di Jatim. Mereka semua nanti akan menjadi saksi kampanye damai dari kedua  cagub cawagub.

Para pendukung keduanya, menurut Gogot, juga akan diberi kesempatan yang sama untuk menampilkan seni dan budaya khas Jatim. Soal apa yang akan ditampilkan, tergantung dari kreasi masing-masing pendukung dan pihaknya hanya menyiapkan tempat dan waktu yang sama. “Terakhir nanti akan ada pelepasan burung dara dan balon udara, oleh keduanya dan seluruh tamu undangan sebagai simbol dari kampanye damai,” ujarnya. (pca/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait