Jelang Pengumuman KPU, Gubernur Jatim Minta Masyarakat Hormati Hasil Pemilu

PILKADA JAWA TIMUR | 20 May 2019 02:13:09 PM

Jelang Pengumuman KPU, Gubernur Jatim Minta Masyarakat Hormati Hasil Pemilu

Foto; sugeng JNR

Jatim Newsroom - Menjelang diumumkannya hasil Pemilihan Umum (Pemilu) Pemilihan Presiden (Pilres), Rabu 22 Mei 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, meminta masyarakat Jatim menghormati hasil Pemilu. 
 
“Semua ada mekanismenya, mari kita semua khususnya warga Jatim menghargai hasil Pemilu 2019,” kata gubernur usai upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-111 tahun 2019 di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (20/5).
 
Menurutnya, semua proses atau tahapan demokrasi telah dilaksanakan sesuai dengan aturan. KPU sebagai penyelenggara Pemilu dan merupakan produk DPR yang bertugas menyelenggarakan pemilu. Dimana, semua mekanisme dilakukan sesuai dengan Undang-Undang (UU) tentang Pemilu.
 
Lebih lanjut dikatakannya, jenjang rekapitulasi suara sejak di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS), hingga provinsi telah berlangsung dan diikuti masing-masing saksi. Maka, sudah sepatutnya setiap pihak menghormati hasil rekapitulasi tersebut.
 
"Jadi artinya, proses konstitusi itu di Jatim sudah selesai. Proses untuk bisa memberikan apresiasi terhadap seluruh dinamika masing-masing juga selesai. Jadi saya mohon, kita khidmat pada bulan Ramadan, kita maksimalkan ibadah kita di rumah masing-masing, di masjid masing-masing," imbau Khofifah.
 
Meski berdalih sebagai kebebasan berpendapat, lanjut Khofifah, sudah sepatutnya kebebasan tersebut masih dalam koridor hukum. Ia pun berharap warga Jatim tetap menempuh jalur sesuai dengan konstitusi negara.(hjr/s)

Views 7321

 

 

Web Statistic