Jumat, 29 Maret 2024

Hadiri Deklarasi Majapahit, Kapolda Kembali Pastikan Kesiapan Mengamankan Pilkada

Diunggah pada : 15 Februari 2018 8:36:32 1

Jatim Newsroom - Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machmud Arifin menegaskan, institusinya siap mengamankan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018. Pernyataan itu disampaikan saat menghadiri Deklarasi Majapahit yang digelar Bawaslu Jatim untuk menolak dan melawan politik uang dan politisasi SARA untuk Pilkada 2018 Berintegritas di Hotel Majapahit Surabaya, Rabu (14/2).

"Tahun 2018 ibarat tahun politik bagi Jatim karena ada 18 Pilkada kota/kabupaten dan satu pemilihan gubernur-wakil gubernur. Karena itu, saya sudah keluarkan maklumat untuk seluruh anggota agar turut sukseskan agenda ini," terangnya.

Terkait antisipasi kerawanan dalam pilkada, Kapolda menyebutkan masa penghitungan suara dan penetapan pemenang diprediksi mengundang reaksi. Kendati tidak ada daerah rawan di Jatim namun Kapolda tak ingin kecolongan oleh kejadian yang bisa mengganggu keamanan dan ketertiban. Caranya dengan melatih anggotanya melalui simulasi sistem pengaman dalam kota (sispam kota).

"Mudah-mudahan berharap tidak terjadi apa-apa. Masyarakat guyub, rukun dan gotong royong menciptakan keamanan dalam rangka Pilkada ini. Jika ada yang terjelek, kami sudah siap," kata Machfud.

Dia menjelaskan, kondisi paling rawan adalah ketika pendukung salah satu calon tidak puas dalam perhitungan, tidak boleh memilih dan mengamuk di TPS. Semua hal tersebut sudah diantisipasi dan dipergakan saat simulasi tadi.

"Mudah-mudahan di Jatim tidak ada yang rawan, aman semua. Masyarakat bisa sadar, karena perlu kedesawaan dalam berpolitik. Ini eranya zaman now, era demokratis, jadi harus memilih pemimpin dengan baik," katanya.

Semua personel kepolisian, sambung Machfud, sudah siap. Dia juga telah memberikan surat keputusan untuk anggota yang ditugaskan menjadi pengawal pribadi bagi pasangan calon. Pengawal pribadi itu sudah dilatih. Nantinya, satu pasangan ada empat personel.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Jatim Soekarwo menyatakan, Jatim telah siap menghadapi Pilkada. Dari mulai kabupaten/kota, kecamatan bahkan di desa, semua dirasa sudah siap.

Yang lebih penting, kompaknya pemerintahan, TNI dan Polri di Jatim, tokoh agama, tokoh masyarakat," kata Pakde Karwo. (ren)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait