Sabtu, 20 April 2024

Gubernur, Kapolda, dan Pangdam Pimpin Apel Tiga Pilar Sukses Pilkada

Diunggah pada : 20 April 2018 13:41:37 24

Jatim Newsroom - Jelang pelaksanaan Pilkada serentak 27 Juni, Gubernur Jawa Timur Soekarwo bersama Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman memimpin apel tiga pilar. Apel yang dilaksanakan sebagai komitmen menjaga Pilkada damai tersebut digelar di halaman depan Mapolda Jatim, Jumat (20/4).

Dari unsur Polri, apel dihadiri oleh seluruh Kapolres, Kapolresta, dan Kapolrestabes bersama Kapolsek serta para Bhabinkamtibmas. Dari TNI yakni Danrem, Dandim, Danramil, serta Babinsa. Hadir pula para lurah dan kepala desa se-Jatim.

Gubernur Soekarwo mengatakan, komitmen ini bukan semata Tiga Pilarnya, tetapi pelaksananya, yakni antara Babinsa, Babinkamtibmas, serta Kepala Desa/Lurah. "Bagaimana mengaktualisasikan kekerabatan, kerukunan, kekeluargaan dalam proses itu (Pilkada, red) yang kemudian dilakukan oleh pimpinan daerah," kata Pakde Karwo.

Pakde Karwo menilai, ini adalah komitmen yang luar biasa yang dikelola oleh Kapolda Jatim dan Pangdam V Brawijaya. Sehingga nilai kedamaian yang tumbuh dari bawah tersebut, dikelola dan diwujudkan melalui apel. "Jadi apel ini bukan tujuan, apel ini bentuk pengelolaan kondisi yang sangat bagus di Desa dan Kelurahan," tambah Karwo. 

Gubernur mengapresiasi langkah Kapolda Jatim yang telah berhasil mengumpulkan tiga pilar ini. Menurutnya, kegiatan semacam ini belum pernah dilakukan oleh wilalah lain, dan baru pertama kali dilaksanakan di Jawa Timur. "Bagaimana nilai yang tumbuh di pedesaan, dengan pendekatan kekeluargaan, dikelola menjadi kerja bersama, ini luar biasa," imbuhnya.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin mengakui, bahwa konsep tiga pilar ini rupanya ditawarkan oleh Gubernur Jatim maupun Pangdam V Brawijaya ke berbagai daerah. Dimana agar daerah lain juga meniru konsep kedamaian Jatim. "Betapa inginnya orang lain ingin meniru apa yang ada di Jawa Timur, guyup rukun dalam mengelola keamanan," kata Kapolda. 

Ia mengajak seluruh masyarakat untuk turut menjaga keamanan di Jawa Timur. Terlebih dalam waktu dekat, merupakan pelaksanaan agenda Pilkada serentak 2018. Kapolda berharap semua berjalan dengan baik, dan partisipasi masyarakat cukup tinggi. "Dari sekian tahapan, tidak ada pelanggaran, berarti ini sukses. Sampai pada debat pertama, tinggal dua lagi (debat, red)," tambahnya. 

Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman menegaskan, melalui apel ini diharapkan dapat memberikan keyakinan kepada masuarakat Jawa Timur, bahwa Pilkada dapat berjalan dengan aman, damai dan lancar. "Berkat tiga pilar plus. Jadi hari ini betul betul luar biasa, mereka berikrar melaksanakan komitmen ini dengan baik," tegas Pangdam. (afr/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait