Rabu, 24 April 2024

Cuaca Buruk, Pengiriman Logistik Pilgub Jatim Ke Pulau Maselembu dan Bawean Ditunda

Diunggah pada : 19 Juni 2018 17:47:03 11

Jatim Newsroom - Pengiriman logistik baik mulai surat suara hingga alat pencoblosan untuk gelaran Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur ke Kepuluan Maselembu Sumenep dan Pulau Bawean Gresik, mengalami penundaan.

Penundaan pengiriman logistik ini bukan dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dari dua daerah itu, namun karena pihak kapal menundanya karena telah menerima laporan dari BMKG jika kondisi ombak laut membahayakan, yakni diperkirakan setinggi lebih dari tiga meter.

Anggota KPU Jatin Divisi Umum, Keuangan, dan Logistik, Dewinta Hayu Shinta, ditemui di kantor KPU Jatim, Selasa (19/6) mengatakan, berdasarkan jadwal kapal tujuan Masalembu akan berangkat, Selasa (19/6) pukul 14.00 siang melalui Pelabuhan Tanjung Perak. Begitupun kapal tujuan Bawean yang diberangkatkan dari Gresik. Namun Karena cuaca buruk maka pengiriman ditunda.

"Kita masih nunggu dulu sampai kondisi membaik. Untuk tujuan Bawean itu ada jadwal keberangkatan kapal pada hari Jumat. Jika masih dalam kondisi buruk kita akan lakukan langkah antisipasi," katanya

Menurutnya, pemberangkatan dengan tujuan ke puluan tersebut menjadi prioritas KPU, karena letak pulau yang jauh dari ibukota daerahnya. Seperti ke Masalembu yang membutuhkan waktu 17 jam.

Terkait progres distribusi logistik Pilgub untuk wilayah lainnya di Jatim, ia mengatakan untuk proses pendistribusian H - 8 ini sudah berada di KPU kabupaten/kota, bahkan juga ada di tingkat kecamatan untuk daerah yang jaraknya jauh. "Sesuai alur pengiriman logistik ini H - 6 sudah ada di tingkat kecamatan, kemudian H - 3 akan berada di tingkat desa/kelurahan, dan H - 1 berada di Tempat Pemungutan Suara (TPS)," terang Sisin, sapaan akrab Dewinta Hayu Shinta.

Ketua KPU Kabupaten Sumenep, A Warits, menambahkan jika setelah tiba di Masalembu surat suara akan langsung didistribusikan ke empat desa yang jaraknya terpencar cukup jauh. "Jadi, di Masalembu itu ada empat desa. Dua desa terletak di Pulau Masalembu, dan dua kecamatan lain terpencar. Butuh waktu pengiriman lewat kapal itu tujuh jam," imbuhnya.

Hingga saat ini, Warits masih akan berkoordinasi dengan KPU Jatim untuk mencari langkah antisipasi jika kondisi cuaca ataupun kapal tidak memungkinkan untuk dikirim. "Kami optimis H-3 sudah sampe di Masalembu, dan H-1 sudah logistik sudah berada di Desa," ujarnya.

Sementara itu, pada pengiriman ke Maselembu ini, KPU Sumenep menyiapkan 18.059 surat suara, 130 bilik, dan 70 kotak suara. Sedangkan logistik untuk pilgub Jatim yang akan dikirim ke Maselembu Sumenep saat ini berada di Kantor KPU Jatim. (pca/s)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait