Jumat, 29 Maret 2024

Command Center Polda Jadi Akses Jaringan Komunikasi Pengamanan Pilkada Serentak 2018

Diunggah pada : 24 Januari 2018 3:17:46 54
thumb

Jatim Newsroom - Bidang Teknologi Informasi (Bid TI) Polda Jatim mempersiapkan jaringan komunikasi antar Polres dan Polsek guna pengamanan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di 18 Kabupaten dan Kota, serta Pilgub Jatim 2018.

Kabid TI Polda Jatim, Kombes Pol Sigit Dedy Purwadi mengatakan, selama proses tahapan Pilkada 2018, Bid TI mendukung dan membantu memastikan jaringan komunikasi yang digunakan Polda Jatim berjalan lancar dan baik. Jaringan komunikasi ini bisa dilakukan antar Polda dengan Polres, atau Polres dengan Polsek dan sebaliknya.

Dengan adanya Command Center yang dimiliki Polda Jatim, komunikasi antar Polres jajaran polda Jatim berjalan dengan baik. Bahkan, penyebaran Command Center sudah sampai pada Polres jajaran Polda Jatim. Bid TI terus mendukung dan memfasilitasi anggota di lapangan untuk melakukan video conference secara langsung dan terhubung dengan Command Center Polda Jatim.

Pada momen Pilkada 2018, petugas maupun anggota di lapangan bisa melakukan live report (laporan langsung) dengan video streaming, dan memberitahukan situasi keamanan pada proses maupun pentahapan Pilkada serentak di Jatim,” kata Kombes Pol Sigit Dedy Purwadi, Selasa (23/1).

Dijelaskan Sigit, Bid TI mempunyai peralatan-peralatan yang bisa digelar dilokasi kampanye. Jadi, pihaknya bisa melihat langsung, bisa merekam langsung kejadian di lokasi dengan fungsi control dari Command Center. Dengan melalui video live streaming, Command Center bisa memantau situasi dan kondisi selama berlangsungnya kampanye. Tujuannya nanti supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga pelaksanaan pentahapan Pilkada berjalan dengan lancar, aman dan baik.

Untuk keamanan, Sigit menjelaskan, Polri bertanggungjawab mengamankan setiap kegiatan-kegiatan kemasyarakatan, tidak hanya momen Pilkada. Adanya  Command Center Polda Jatim beserta Polres jajaran, merupakan bukti pelayanan Polri terhadap masyarakat.

Tidak hanya pada momen Pilkada saja, masyarakat bisa melaporkan setiap kejadian atau tindak kriminalitas kapan pun dan dimana pun. Bisa melalui call center 100, pelayanan via aplikasi PolisiKu atau melalui Panic Button yang ada ditiap-tiap Polres. Pelayanan Polri tersebut bertujuan untuk memastikan kecepatan respon laporan masyarakat yang kita lihat. Serta memberitahukan bahwa harus segera ditangani. Polda Jatim bisa memantau itu melalui Command Center,” pungkasnya. (afr/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait