Jumat, 19 April 2024

Cek Persiapan Pilkada, Kapolda Kunjungi Kantor KPU Jatim

Diunggah pada : 11 April 2018 20:52:41 5

Jatim Newsroom – Guna memastikan kesiapan pelaksanaan Pilkada serentak 27 Juni, Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin melakukan kunjungan ke kantor Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim). Koordinasi dengan pihak penyelenggara pemilu tersebut dilakukan, karena berkaitan dengan persiapan pengamanan dari aparat kepolisian.

“KPU sudah siap dalam pelaksanaan Pilkada, meski ada beberapa yang butuh difinalisasi. Seperti pada tahapan rekapitulasi untuk penetapan sampai ke tingkat DPT.  Ada beberapa hal yang masih harus diberi masukan. Polda tidak bisa mencampuri (tugas KPU). Namun jika ada ketidakpuasan maka bisa berimbas pada tugas kepolisian,” kata Irjen Machfud saat ditemui di kantor KPU Jatim, Rabu (11/4).

Dalam kunjungan tersebut, ia juga membahas potensi persoalan yang ada di Pilkada 2018. "Kita silaturahim dan mengecek kesiapan KPU Provinsi Jatim. Saya lihat ruang kerjanya. Terima kasih untuk Pak Eko (Ketua KPU Jatim) dan timnya dari KPU yang bersungguh-sungguh. Dahulu Pak Eko gemuk sekarang kelihatan agak langsing karena kerja keras," kata Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin di sela kunjungan.

Dia menegaskan, sementara ini di Jatim relatif aman. Saat debat pertama pun berjalan dengan baik. Untuk keamanan, tidak ada hal yang berarti dan bisa dikendalikan dengan baik. Tinggal tahapan kampanye terbuka. 

Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito menyatakan pertemuan kali ini karena Kapolda Jatim melihat potensi persoalan dalam Pilkada 2018 terutama dari sisi persoalan keamanannya. “Kami menerima masukan-masukan masyarakat kalau sekiranya masih ada tahapan yang masih punya kelemahan. Kami terbuka. Mulai dari persoalan daftar pemilih tetap (DPT) sampai kampanye dan sebagainya. Untuk persoalan menyangkut keamanan, kita akan berkoordinasi dengan Polda Jatim,” ujarnya. (afr/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait