Kamis, 28 Maret 2024

Bawaslu Minta Cagub - Cawagub Jatim Menggunakan APK Resmi Dari KPU

Diunggah pada : 28 Februari 2018 20:13:27 14

Jatim Newsroom - Ketua Badan Pengawas Pemilu Jawa Timur, Muhammad Amin meminta agar Pasangan Calon (Paslon) di Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018 hanya menggunakan Alat Peraga Kampanye (APK) yang sudah disepakati di KPU Jatim. 

Jika ditemukan ada Paslon yang masih memasang poster atau baliho diluar ketentuan, Bawaslu Jatim akan segera menindak. “Harus sesuai ukurannya karena aturan itu ada tidak boleh membuat APK yang diluar yang disepakati KPU. Kalau ada pelanggaran ya kita tertibkan," ujar M. Amin di Bawaslu Jatim,  Rabu (28/2).

Dia mencontohkan, untuk penempelan stiker di mobil, Paslon harus menggunakan APK sesuai yang disepakati dan tidak boleh diperbesar. "Misalnya kalau mau ditempel di mobil, tempelkan saja sesuai ukurannya," tegasnya. 

Dia berharap agar kedua kandidat sadar bahwa sosialisasi di Pilgub Jatim sudah difasilitasi KPU. Karena itu, setiap Paslon harus dan untuk mengurangi keterlibatan pihak ketiga dalam proses Pilgub Jatim. “Filosofinya pemilu murah. Pasangan calon tidak perlu meminta bantuan lagi karena itu nantinya akan terjadi ketergantungan. Nanti ada manipulasi, korupsi dan sebagainya," katanya. 

Muhammad Amin menambahkan, pihaknya akan terus menertibkan APK yang masih beredar dan diluar ketentuan KPU. Diharapkan, kedua Paslon bisa memberikan pendidikan politik yang baik ke masyarakat dan tidak melanggar. 

"Resume itu yang jelas kita akan menertibkan bareng bareng. Bahwa ada hal yang melampaui kita minta maaf. Yang jelas rasa malu melebihi sanksi administrasi dan pidana," kata Amin mantan ketua Panwaslu Sumenep itu. 

Seperti diketahui, KPU Jatim sudah menyepakati soal Alat Peraga Kampanye dan Bahan Kampanye di Pilgub Jatim pada (27/2).  Keputusan itu diambil setelah menggelar rapat dengan kedua Paslon di Pilgub Jatim. Namun, di beberapa lokasi di Surabaya, APK kedua Paslon di Pilgub yang diluar ketentuan KPU Jatim masih beredar.  "Kita minta agar ada kesadaran bagi kedua paslon untuk menurunkan ya," pungkasnya. (pca/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait