JKF 2019 Resmi Ditutup Oleh Sekjen Kominfo RI

JKF | 05 Oct 2019 12:27:30 PM

Jatim NewsroomJatim Festival Kominfo (JKF) Provinsi Jatim Ke X yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi Dan Informatika (Diskominfo) Jatim di Gor Ki Mageti mulai 1 – 4 Oktober 2019 secara resmi ditutup oleh Sekertaris Jendral (Sekjen) Kementerian Kominfo RI, Rosalina Niken Widyastuti, Jumat (4/10).

Penutupan ditandai dengan diserahkan gunungan wayangan kepada dalang Ki Warseno Slenk yang didampingi Bupati Magetan, Suprawoto, Kadis Kominfo Jatim, Ardo Sahak, serta didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Jatim, Sahat Tua Simanjutak. Juga dihadiri Bakorwil Jember, dan Bakorwil Madiun, dan OPD di lingkungan Provinsi Jatim.

Sekjen Kominfo RI, Rosalina Niken Widyastuti, dalam penutupan sambutannya, mengatakan Kementerian Kominfo RI mengapresiasi telah terselenggarannya kegiatan JKF oleh pemerintah Provinsi Jatim, dan Kabupaten Magetan berjalan dengan sukses dan lancar. “Tadi saya dilapori oleh pak bupati Magetan dan penyelenggara acara JKF dinas Kominfo  bahwa acara ramai dan masyarakat magetan sangat antusias dengan acara JKF tersebut,”ujarnya.

Sekjen Kominfo RI ini, juga menyampaikan pesan kepada masyarakat agar selalu bijak dan santun dalam menggunakan informasi melalui internet. Mengingat informasi melalui internet ini bagai pisau bermata dua, di satu sisi bisa mempererat rasa persatuan, namun di sisi lain, internet bisa pula memecah belah kita sebagai satu bangsa,  terutama bagi generasi muda jika tidak bijak dalam penggunaannya.

“Hoaks, radikalisme, penipuan, pornografi, bullying, prostitusi, pelanggaran HKI, SARA dan ujaran kebencian adalah ancaman bagi generasi muda melalui internet. Ini menjadi tantangan kita di media sosial,”paparnya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap dengan adanya kegiatan seperti JKF dan pertunjukan rakyat (pertura) melalui wayang ini komunikasi yang baik bisa dibangun kembali untuk mewujudkan persatuan, dan kesatuhan serta NKRI ini bisa diperkuat.  

"Pertura ini bisa menjadi tuntunan, dan tontonan bagi kita semua dapat menebarkan informasi kedamaian, dan kerukanan. Sehingga sikap toleransi, saling menghormati, saling menolong dan gotong royong yang merupakan jati diri bangsa ini bisa meningkat kembali,"harapnya.

Sementara itu Kadis Kominfo Jatim, Ardok Sahak, mengatakan kegiatan JKF Diskominfo ini merupakan rangkaian hari jadi Provinsi Jatim. Dimana dalam kegiatan JKF ini dimulai tanggal 1 Oktober dibuka oleh langsung Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak. Dan Berakhir pada 4 oktober 2019 ini berjalan antusias dan lancar.

Dalam penutupan ini Kadis Kominfo, Ardo Sahak juga langsung mengumumkan dan membagikan hadiah kepada pemenang lomba Pertunjukan Rakyat (pertura), serta pemenang Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Bupati Magetan, Suprawoto menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jatim yang telah menunjuk Kabupaten Magetan sebagai tuan rumah JKF ke X."Alhamdulillah mulai pembukaan 1 - 4 Oktober ini masyarakat magetan selalu ramai berbondong datang ke Gor Ki Magetan ini untuk menyaksikan JKF ini," ujarnya.

Ia juga menyampaikan, adanya JKF di kabupaten Magetan ini membawa perkembangan positif terkait informasi antar kabupaten/kota di Jatim, begitu juga kegiatan JKF ini jadi kegiatan pertukaran kebudayaan antar kab/kota melalui pertura, serta ketiga kegiatan JKF ini juga membawa positif bagi peningkatan perekonomian di Magetan. 

"Maka itu kegiatan ini tetap harus dipertahankan dan dilaksanakan tiap tahunnya oleh provinsi Jatim,"pungkasnya Suprawoto yang juga mantan Kadis Infokom Jatim. (Pca/s)

Views 60

 

 

Web Statistic